Monday, April 30, 2007

7 Larangan setelah makan.


Jangan Merokok

– Penelitian dari para ahli membuktikan bahwa merokok sebatang rokok setelah makan sama dengan merokok 10 rokok (kemungkinan terserang kanker lebih besar)

Jangan langsung makan buah-buahan

– Langsung makan buah-buahan setelah
makan akan menyebabkan perut dipenuhi
dengan udara. Untuk itu makanlah buah-
buahan 1-2 jam setelah makan atau 1 jam
sebelum makan

Jangan minum Teh

- karena daun the mengandung kandungan asam yang tinggi. kandungan ini akan menyebabkan kandungan protein pada makanan yang telah kita konsumsi sulit untuk dicerna.

Jangan mengendorkan ikat pinggangmu

- Mengendorkan ikat pinggang setelah makan akan menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

Jangan Mandi

- Mandi akan menaikan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah dara sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan system pencernaan di dalam perut kita.

Jangan Berjalan-jalan

- Orang-orang sering mengatakan bahwa berjalan beberapa langkah setelah makan akan memperpanjang umur. Pada kenyataannya hal ini tidaklah benar. Berjalan akan menyebabkan system pencernaan tidak mampu menyerab nutrisi dari makanan yang telah kita makan.

Jangan langsung tidur

- Makanan yang kita makan tidak dapat dicerna secara baik. Hal ini akan menyebabkan usus mengalami kembung dan peradangan.

Jambore Nasional Honda

To All Anggota HMPC seluruh indonesia

diberitahukan bahwa acara Jambore Nasional Honda yang diselenggarakan pihak Wahana Artha selaku Main Dealer Honda bekerjasama dengan POLDA METRO JAYA telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 29 April 2007 bertempat Start di POLDA METRO JAYA dan Finish di Cibubur dengan jumlah peserta kurang lebih 2500 motor dan 39 Club telah menempatkan:

Honda Mega Pro Club Sebagai Juara I Safety Riding Rally Kategory Motor Sport

Kepada Rekan-rekan yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut baik sebagai peserta maupun tamu diucapkan Terimakasih yang sebesar-besarnya karena telah berhasil mengukir sejarah baru bagi Honda Mega Pro Club.

Bravo HMPC

Terus Kibarkan Sayapmu

Analogi sederhana namun mengagumkan..

Seorang konsumen datang ke tempat tukang cukur untuk memotong rambut dan merapikan brewoknya.
Si tukang cukur mulai memotong rambut konsumennya dan mulailah terlibat pembicaraan yang mulai menghangat.
Mereka membicarakan banyak hal dan berbagai variasi topik pembicaraan, dan sesaat topik pembicaraan beralih tentang Tuhan.
Si tukang cukur bilang,"Saya tidak percaya Tuhan itu ada".
"Kenapa kamu berkata begitu ???" timpal si konsumen.
"Begini, coba Anda perhatikan di depan sana, di jalanan... untuk menyadari bahwa Tuhan itu tidak ada.
Katakan kepadaku, jika Tuhan itu ada,
Adakah yang sakit?
Adakah anak terlantar??
Jika Tuhan ada, tidak akan ada sakit ataupun kesusahan.
Saya tidak dapat membayangkan Tuhan Yang Maha Penyayang akan membiarkan ini semua terjadi."
Si konsumen diam untuk berpikir sejenak, tapi tidak merespon karena dia tidak ingin memulai adu pendapat.
Si tukang cukur menyelesaikan pekerjaannya dan si konsumen pergi meninggalkan tempat si tukang cukur.
Beberapa saat setelah dia meninggalkan ruangan itu dia melihat ada orang di jalan dengan rambut yang panjang, berombak kasar
(mlungker-mlungker-istilah jawa-nya), kotor dan brewok yang tidak dicukur. Orang itu terlihat kotor dan tidak terawat.
Si konsumen balik ke tempat tukang cukur dan berkata, "Kamu tahu, sebenarnya TIDAK ADA TUKANG CUKUR."
Si tukang cukur tidak terima," Kamu kok bisa bilang begitu ??".
"Saya disini dan saya tukang cukur. Dan barusan saya mencukurmu!"
"Tidak!" elak si konsumen.
"Tukang cukur itu tidak ada, sebab jika ada, tidak akan ada orang dengan rambut panjang yang kotor dan brewokan seperti orang yang di luar sana", si konsumen menambahkan.
"Ah tidak, tapi tukang cukur tetap ada!", sanggah si tukang cukur.
" Apa yang kamu lihat itu adalah salah mereka sendiri, kenapa mereka tidak datang ke saya", jawab si tukang cukur membela diri.
"Cocok!" kata si konsumen menyetujui.
"Itulah point utama-nya!
Sama dengan Tuhan, TUHAN ITU JUGA ADA !
Tapi apa yang terjadi... orang-orang TIDAK MAU DATANG kepada-NYA, dan TIDAK MAU MENCARI-NYA.
Oleh karena itu banyak yang sakit dan tertimpa kesusahan di dunia ini."
Si tukang cukur terbengong !!!
JIKA KAMU BERPIKIR TUHAN ADA, TERUSKAN INI KE ORANG LAIN,
JIKA TIDAK, BIARKAN SAJA !!!

Wednesday, April 25, 2007

Safety Riding


Saya ambil dari situs saft7.com (lihat tips yang lain dari situs ini)

Kondisi seperti saat ini membuat sepeda motor menjadi pilihan paling praktis dan ekonomis sebagai alat transportasi baik pribadi maupun keluarga.

Kemampuan melalui jalan yang relatif kecil (selap selip) seakan membuat motor menjadi kendaraan ‘bebas macet’ dan efektif, sementara itu juga konsumsi BBM yang sangat irit membuat kendaraan ini sangatlah ekonomis.

Namun sayang juga ketika demikian mudahnya memperoleh sepeda motor, tetapi tidak dibarengi dengan kesadaran untuk belajar berkendara dengan baik dan aman. Masih banyak kita lihat orang mengendarai motor dengan sekencang-kencangnya, atau sangat lambat dan lain-lain yang membahayakan dirinya juga orang lain disekitarnya.

Menurut survey tim safety riding course, lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh faktor manusia itu sendiri, selain faktor kendaraan dan lingkungan.

Mungkin disinilah perlunya kita ikut suatu klub motor. Apakah itu klub motor sejenis maupun klub motor berbagai merek, yang penting adalah klub yang bisa membina kita menjadi bikers yang baik dan tertib.

Klub motor yang baik salah satunya adalah klub yang peduli dengan keselamatan dan keamanan berkendara.

Beberapa klub yang saya kenal, melakukan acara khusus untuk melatih dan memberi pencerahan tentang keselamatan dan keamanan berkendara. Bahkan untuk menggelar acara tersebut dilibatkan juga beberapa vendor sebagai sponsor, yang artinya semua sepakat akan pentingnya keselamatan.

Safety Riding ! Sama halnya dengan istilah Safety Driving bagi pengguna mobil, istilah Safety Riding mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain.

Dalam pelatihan Safety Riding, disajikan dalam teori dan praktek.
Umumnya dalam teori dijelaskan seputar keselamatan berkendara, pentingnya pemanasan tubuh saat hendak berkendara, kesiapan kendaraan, posisi berkendara yang ideal, dan lain-lain.

Kesiapan berkendara yang diperlukan untuk sepeda motor antara lain:

* Sarung Tangan, sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap keringat serta tidak licin saat memegang grip/handle motor.
* Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan baik kecil maupun besar.
* Helm (minimal Half Face), sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala, poin inilah yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm ‘catok’ dan sejenisnya.
* Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki.

Secara umum untuk pelatihan praktek Safety Riding diajarkan:

-Teknik pengereman dengan hanya mengandalkan rem depan, rem belakang, dan kombinasi keduanya. Teknik ini untuk membiasakan bikers untuk membedakan fungsi dua sisi rem saat hendak berhenti ber-akselerasi.

-Teknik “slalom” dengan cone di lintasan. Teknik ini untuk melihat kemampuan peserta menikung dengan cepat dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya dengan asumsi kendaraan sedang .

-Teknik berjalan di lintasan ala “bumpy-road” , teknik ini untuk membiasakan bikers untuk memberi kenyamanan saat jalan tidak mulus atau bergelombang.

-Teknik berkendara di lintasan lurus dan sempit berupa bilah dengan asumsi kendaraan berjalan di jalan kecil dan diliputi kemacetan. Teknik ini untuk membiasakan diri bagi bikers untuk tetap dapat melakukan handling tanpa menurunkan kaki dalam kecepatan rendah.

Perangkat keamanan semacam decker lutut dan siku plus helm menjadi wajib untuk peserta pelatihan Safety Riding.

Dari materi-materi seperti inilah diharapkan muncul niatan dari para pengendara untuk membiasakan diri sendiri memberi upaya keselamatan berkendara. Gampang-gampang susah, itu ternyata pendapat yang muncul di benak peserta setelah semua sesi praktek dilapangan dilakukan.
Dari sekian banyak poin yang dipelajari peserta semua memiliki arti masing-masing dengan kesimpulan bahwa keselamatan berkendara amatlah dibutuhkan untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan. Ya ! Semua dimulai dari diri sendiri, alangkah baiknya jika hasil kursus singkat ini dapat dibagi dengan rekan-rekan lain sesama pengendara.

Buktikan bahwa kita mampu berkendara dengan baik, tidak sembrono, tidak ugal-ugalan, patuh lalu-lintas, dan menghormati sesama pengguna jalan serta memberi contoh positif kepada sesama pengguna jalan.

Safety is Everything bro !

Tips mengendarai motor dengan aman


Saya ambil dari milis sebelah

nemu artikel ini di internet
yg nulis namanya Maricon Williams
tapi.. gak ada informasi lain mengenai beliau ini
yah.. yg penting kan isinya

1. Siapkan sepeda motor anda
jangan berperang dng pedang yg rusak makanya periksa motor anda sebelum mulai berkendara kalo ada suku cadang yg perlu diganti, jangan menunggu, gantilah kalo ada yg perlu diperbaiki, langsung perbaiki jangan pernah menganggap enteng masalah2 yg ditemukan krn bukan cuma akan mengganggu proses perjalanan tapi juga bisa membahayakan keselamatan

2. Gunakan pelindung diri
entah itu helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dll jangan pernah tidak peduli dng penggunaan hal2 tsb anda tidak pernah tau, bagian tubuh mana yg akan cidera saat terjadi kecelakaan dan anda tidak pernah tau kapan kecelakaan akan terjadi jadi.. lindungi diri anda dari kepala sampai kaki.

3. Berusahalah utk gampang terlihat
pakailah perlengkapan yang gampang terlihat lebih baik lagi bila bisa merefleksikan cahaya (flourescent) begitu juga dng warna dari bagian2 motor ini akan membantu anda utk gampang terlihat oleh pengguna jalan lain

4. Jaga jarak
selalu jaga agar ada jarak aman di sekeliling motor bukan cuma utk menjaga bila kendaraan di depan dan di sekeliling tiba2 berhenti tapi juga utk menghindari road hazzard yg tiba2 muncul krn sebelumnya tak terlihat

5. Bersiap menghadapi kecelakaan
setiap kali berkendara, bersiaplah menghadapi segala kemungkinan terburuk termasuk kecelakaan dng konsep ini, anda akan lebih berhati2 dan akan berkendara secara defensif
berhatilah di setiap belokan, persimpangan, lalu lintas dari arah berlawanan, dan tempat2 ramai yg dilewati (pasar, sekolah, dll)

7. Bila mungkin, hindari berkendara di malam hari
ya betul, di siang hari saja, motor relatif lebih sulit terlihat apalagi di malam hari

8. Ride your own ride
jangan coba berkendara utk gaya-gayaan jangan juga utk membuat orang terkagum2 sadari kemampuan diri, dan selalu ingat utk memprioritaskan keselamatan bukan yg lain

jangan pernah berhenti berusaha berkendara dng santun, tertib, aman, dan nyaman kampanyekan terus cara2 berkendara yg lebih defensif dan elegan .

Aturan Touring Part 3 (End)


SUSUNAN ROMBONGAN TURING

Captain Leader, Kapten rombongan.
Bertanggung jawab atas perjalanan turing ini, Tahu mengenai medan yang akan dilalui, dan pengambil keputusan kapan harus berhenti, istirahat, dan jalan. Memantau kondisi medan di depan apakah bisa dilewati rombongan dengan aman atau harus extra hati-hati. Memutuskan rute-rute mana yang akan dilalui rombongan dan memberitahukan tanda-tanda peringatan kepada rombongan di belakangnya. Kapten berada paling depan diapit blocker kiri-kanan.

Sebagai leader,harus menjaga kecepatan motor, biar yang dibelakang ngga ketinggalan, sebaiknya jaga kecepatan hingga maksimal 60 KM/Jam, supaya yang dibelakang tidak terlalu cepat dan sweeper juga bisa mengejar rombongan dan voijrider bila terjadi keadaan darurat. Apalagi turing ini banyak yang bawa bonjengers. Jika ada motor liar ngudak-ngudak ngajak balapan biar aja blocker atau sweeper yang urus, acungin jempol tuh motor biar dia seneng.

Kecepatan konstan juga agar rombongan tidak terpecah dan tidak mengorbankan teman, karena di jalan raya pada waktu menyalib kendaraan tidak semua sopir sifatnya mau mengalah jadinya bisa kecelakaan, karena pada saat yang satu habis menyalib ada ruang kosong si sopir biasanya langsung maen masuk dan kasihan rombongan yang belakang karena bisa terjadi kecelakaan entah terserempet kendaraan yang kiri atau tertabrak kendaraan dari arah berlawanan.

Sebagai kepala rombongan, Kapten harus memberi contoh kepada rombongan di belakang etika berlalu lintas yang baik. Berhentilah apabila lampu merah sedang nyala, dsbnya. Sebagai leader, juga harus pasang mata dengan sebaik-baiknya. Kalo kalo ada lubang atau hambatan didepan harus kasih tanda ke rombongan di belakang secara estafet. Peserta dibelakangnya wajib melakukan hal yang sama terus sampai ke peserta paling belakang (sweeper).

Berikut beberapa tanda peringatan dalam touring:
* Tangan (kiri atau kanan sama aja) mengepal ke atas artinya Berhenti,
* Tangan mengepal digerakkan ke atas dan bawah vertical atau Menggerak-gerakan telapak tangan vertikal atas bawah, artinya Mulai Perlambat motor, Mau berhenti.,
* Menurunkan salah satu kaki ke kiri / kanan artinya ada hambatan di depan berupa lubang atau Pembatas jalan, atau hambatan lainnya di sebelah kiri / kanan, jangan dilewati!
* Menurunkan kedua kaki artinya perlambat motor, hati – hati ada polisi tidur, atau jalan rusak.
* Tanda dengan tangan ke kiri / kanan, artinya Akan berbelok ke arah yang ditujukan tangan.

Pada saat jalan sepi, kapten harus mengecek rombongan dengan menurunkan kecepatan kemudian mengecek rombongan dari yang pertama hingga yang terakhir. Kemudian kembali lagi ke depan. Sementara kapten mengecek rombongan tugasnya dialihkan ke Vojrieders.

VOJRIDERS
Sebagai pendamping kapten. Vojriders motornya harus dilengkapi sirine dan lampu rotator agar kendaraan di depan dapat mengetahui dengan segera keberadaan rombongan kita. Vojriders juga harus ikut menjaga kestabilan kecepatan agar rombongan yang dibelakangnya tidak keteteran dan mengingatkan Kapten bila terlalu cepat. Fungsi vojriders disini minimalis, hanya sebagai kepala ular-ularan saja. Rotator harus terus menyala sampai tujuan, boleh diistirahatkan sebentar-sebentar jika jalan kosong. Sirine tidak harus meraung-raung sepanjang perjalanan, berisik bikin pengeng! Bunyikan pada saat diperlukan, misalnya di persimpangan jalan, jalan di depan macet bergerak, menyalip truk/tronton, dll.

BLOCKER (Safety Officer)
2 orang disamping kapten, kiri dan kanan untuk membuka jalan. 1 orang di kiri utk meminggirkan kendaraan yang ada dikiri, dan 1 dikanan utk meminggirkan kendaraan yang ada dikanan. Tugas blocker sangat berat butuh mental yang kuat, dan fisik prima, handling berkendara yang bagus dan nyali gede. Jadi formasinya mungkin seperti trisula. Blocker kiri menyalakan sein kiri dan blocker kanan menyalakan sein kanan.

SWEEPER
Sweeper ini harus minimal adalah motor yang bisa mendahului rombongan mensejajari kapten apabila ada keadaan yang mengharuskan rombongan berhenti. Akselerasi cepat dan handling harus bagus. Sweeper minimal 2 kendaraan. Tugasnya sebagai penyapu apabila ada kendaraan/peserta yang tertinggal dibelakang, posisinya berada dipaling belakang rombongan karena dia juga berfungsi untuk memberitahukan leader didepan apabila dibelakang terjadi hambatan. Salah satu sweeper secara bergantian juga mengatur barisan agar rapi dan berada di barisan. Sweeper berhak menegor anggota rombongan yang ugal-ugalan, dan tidak mengindahkan aturan. Ada baiknya motor sweeper juga dilengkapi dengan alat alat pelengkap seperti sirine, atau lampu rotator. Sama dengan blocker, sweeper kiri menyalakan sein kiri dan sweeper kanan menyalakan sein kanan.

IMPORTANT !!
Mungkin nanti jika peserta ternyata banyak, akan dibagi atas dua rombongan.Ini dimaksudkan agar kontrol dapat dilakukan dengan baik dan mudah, setiap rombongan kudu bisa inget siapa siapa ajah yang masuk kerombongannya. Jangan melakukan manuver-manuver yang ngga perlu /berbahaya, dan jangan keluar dari rombongan yang ditentukan. Jangan melakukan balapan, karena tujuan touring adalah jalan-jalan santai, bukan untuk balapan!

Bila ngantuk berat, terjadi masalah, atau ada kerusakan motor segera beritahu sweeper dengan keluar dari barisan sambil mengacungkan tangan dan membunyikan klakson panjang, nanti sweeper akan menghampiri anda untuk menanyakan problemnya dan akan menghentikan rombongan agar menepi.

Buat Para Bonjengers /Foxy Lady, ada baiknya anda juga turut berpartisipasi dalam kegiatan perjalanan, jangan cuman sebagai penumpang ojeg doank-an : ). Caranya dengan aktip memberikan tanda tanda yang diperlukan bagi rombongan,seperti tanda kalo ada halangan didepan, tanda berbelok dan tanda tanda lainnya.

Apabila waktu touring jangan mengeluh, karena touring dengan rombongan memakan waktu yang lumayan lama, beda kalo jalan sendiri, waktu bisa cepat, tapi kalo tour enaknya kita bisa bareng berangkat dengan teman-teman. Belum lagi kalo ada kejadian ban kempes atau ada kejadian lainnya.

Sebelum berangkat, jangan lupa berdoa ya, semoga tidak terjadi apa-apa dijalan,selamat sehat walafiat sampai tujuan pulang dan pergi. Amin.

Aturan Touring Part 2


ETIKA TOURING!

DATANG ON TIME!.
Dateng sesuai dengan jadwal yang ditentukan, minimal satu jam sebelum berangkat untuk istirahat, persiapan dan briefing.

NYALAKAN LAMPU DEPAN DAN HAZARD!
Meski jalan di siang hari, nyalakan semua lampu depan kendaraan agar kendaran lain yang didepan atau dari arah berlawanan dapat dengan cepat mengetahui keberadaan motor kita. Juga nyalakan hazard bagi yg sudah pasang. Untuk yg gak ada hazard, pasang
sen kanan. Sen dan hazard dinyalakan terus sepanjang perjalanan. Kalo mau diistirahatkan gunakan waktu ketika berhenti atau lampu merah. Karena itu kondisi aki harus diperhatikan sebelum berangkat, cek kondisi setrum dan airnya jangan sampai kurang!

JANGAN SALIP MENYALIP!
Ketika akan jalan, ingatkan siapa kawan di depan and dibelakang motor kita. Jadi kalo ada yg ilang satu di jalan ketauan. Jangan saling menyalip kawan di depannya kecuali diperintah sweeper. Turing bukan untuk saling menyalip,bukan balapan!, tapi kerapihan, ketertiban berkendara, dan kebersamaan.

Bukan dilihat siapa yang sampe duluan, tapi bagaimana sampe semuanya dengan selamat sampe tujuan. Jangan melakukan manuver-manuver yang ngga perlu/berbahaya, dan jangan keluar dari rombongan yang ditentukan.

Jalan di sisi jalan, jangan ditengah-tengah, ntar ketabrak! Peserta turing harus saling menjaga satu sama lain, kalau di depan motor kawan kita miring-miring ke kiri kanan, dan sweeper sedang tidak berada di sisi rombongan, tegor saja kawan kita takutnya ngantuk. Tapi juga tidak perlu ikut ngatur-ngatur barisan, terima kasih bro, but itu udah ada pembagian tugas masing-masing. Sebagai peserta rombongan cukup ikutin aturan sudah sangat membantu.

JAGA JARAK, SILANG !
Jaga jarak aman antar kendaraan, posisi motor dengan yang depan agak bersilangan, sehingga bisa mengantisipasi bila motor/kendaraan didepan tiba tiba melakukan manuver/rem mendadak.

PATUHI ATURAN LALIN !
Tetap menjaga aturan berlalulintas yang baik. Jangan mentang mentang rombongan banyak lalu melanggar rambu rambu lalu lintas dengan seenaknya, seperti terobos lampu merah, selip kiri selip kanan tanpa sein, berjalan berjejer dengan menghambat laju kendaraan dibelakangnya, dan jangan buang sampah seenaknya....

Jika vojriders terkena lampu merah sebaiknya berhenti, meski kita rombongan banyak dan ada surat jalan, polisi gak suka kalo kita terobos lampu merah. Kecuali kalo vojriders pas lampu hijau kemudian pas tengah rombongan tiba-tiba merah, agar tidak terputus bisa lanjut terus asal dijaga oleh blocker. Jadi ketika lampu lalu lintas, meski hijau blocker tetap harus siap menjaga rombongan kalo-kalo lampu merah menyala di tengah rombongan.

Tentang Busi ( Spark Plug )


Busi adalah komponen yang berfungsi untuk memercikkan bunga api didalam ruang bakar. Percikan bunga api ini dihasilkan dari tegangan tinggi antar electrode yang dibangkitkan oleh ignition coil. Temperatur didalam ruang bakar dapat mencapai 2500 derajat Celcius dan tekanannya mencapai 50 kg/cm2. Tekanan serta temperatur yang sangat tinggi tsb harus mampu ditahan oleh busi.

Pada intinya, konstruksi busi terdiri dari insulator dan electrode. Electrode biasanya menggunakan logam yang dilapis dengan nickel, chrome, mangan, silikon dll agar mampu menahan kondisi ekstrim sedangkan insulatornya berbahan dasar aluminia.

Berdasar kemampuan mentransfer panas, busi dibagi dalam dua tipe yaitu:

*
Panas
Busi tipe panas adalah busi yang lebih lambat untuk mentransfer panas yang diterima. Cepat mencapai temperatur kerja yang optimal namun jika untuk pemakaian yang berat bisa terbakar. Biasa digunakan pada motor-motor standard untuk penggunaan jarak dekat.
*
Dingin
Busi tipe dingin lebih mudah mentransfer panas ke bagian head cylinder. Biasanya digunakan untuk penggunaan yang lebih berat misalnya untuk balap atau pemakaian jarak jauh karena sifatnya yang mudah dalam pendinginan.

Masing-masing produsen busi menerapkan nilai rating panas yang berbeda. NGK memberikan rating panas sampai dingin dengan nilai dari 2 ~ 11, Denso menetapkan rating dari 9 ~ 37 sedangkan Champion memberikan rating dari 1 ~ 25.

Pada umumnya, pabrikan sepeda motor menggunakan busi dengan tipe medium misalkan untuk merk NGK menggunakan rating 6, 7 atau 8 dan untuk merk Denso menggunakan rating 22 atau 24 karena penggunaan oleh konsumen yang bervariasi.

Klasifikasi tipe busi ini didasarkan oleh faktor-faktor sbb:

* Jarak antara electrode tengah dengan insulator (ukuran volume gas). Busi tipe panas mempunyai volume yang lebih besar.
* Konduktifitas thermal insulator dan electrode
* Konstruksi electrode
* Dimensi gap pada ujung electrode

Pemilihan tipe busi yang sesuai didasarkan pada:

* Campuran bahan bakar yang digunakan
* Perbandingan kompresi.
* Ignition timing (waktu pengapian)
* Kualitas bahan bakar dan kadar oktannya.
* Kondisi pemakaian seperti untuk balap atau pemakaian sehari-hari
* Pola ulir pada kepala busi.

Berdasarkan keterangan diatas, maka penggantian busi dengan tipe yang berbeda dari spesifikasi standard harus disesuaikan. Tipe busi dapat diketahui dari kode yang terdapat pada sisi insulator.

Dicontohkan satu kode busi sbb:

BPR5ES-11 (NGK)
B : menandakan diameter ulir busi (B ~ 14 mm)
P : menunjukkan tipe insulator
R : tipe busi dengan resistor
5 : tingkat panas busi ( jika nilainya semakin besar berarti bertipe lebih dingin )
E : panjang ulir (19 mm)
S : tipe pengggunaan busi (S berarti standard)
-11 : Gap / celah busi yang direkomendasikan ( gap 1,1 mm)

W24ES-U (Denso)

W : menandakan diameter ulir busi (W ~ 14 mm)
24 : tingkat panas busi ( jika nilainya semakin besar berarti bertipe lebih dingin )
E : panjang ulir (19 mm)
S : tipe pengggunaan busi (S berarti standard)
U : konfigurasi gap busi

Untuk sepeda motor yang masih dalam masa garansi, diharuskan untuk menggunakan standard yang tertera pada data spesifikasi (owners manual)

Cara Gampang Merawat Motor Honda


Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Honda yaitu Oli Federal.

Cek Kondisi Aki
Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.
Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.
Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin
Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin 1 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli Honda
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.
Ok sobat selamat merawat motor Honda kesayangan, jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.
(dari berbagai sumber).

Isi Ulang Aki, Jangan Terlalu Penuh


Mengisi ulang aki dianggap pekerjaan yang remeh oleh sebagian besar pemilik kendaraan. Pasalnya, tinggal isi ulang dengan air aki, kemudian tutup lagi bagian atasnya. Kemudian di-start mesinnya.

Padahal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengisi aki. Ketika mengisi ulang, jangan sampai terlalu banyak airnya. Sebab, dalam setiap aki terdapat mekanisme pengeluaran cairan kalau kondisinya memang melebihi batas atas-nya (upper level).

Akibatnya, air aki akan keluar dengan sendiri. Bahayanya, air aki itu dapat merusak kabel-kabel, dudukan aki, dan cassis motor di sekitarnya. Bodi bisa cepat keropos, akibat cairan aki yang keluar sudah mengandung asam sulfat (H2SO4). Nah, kalau begini, jangan anggap remeh ketika mengisi ulang aki, OK?

Cara Aman Lewati Hujan


Ban Botak Jangan Dipakai
Musim hujan begini jangan pake ban botak Brur! Kalau kedalaman alur kurang dari 2 mm, sebaiknya ganti. Beli yang baru dan pilih ban yang kembangannya menyalurkan aliran air keluar.

Pake jas hujan model celana
Musim hujan begini baiknya bawa selalu jas hujan. Yang bagus model stelan baju-celana bukan model ponco, gak aman bro.. Bahaya kalo model ponco, bisa berkibar-kibar kaya BATMAN mengganggu pengendara lain, dan potensi bahaya bagi si pengendara juga besar karena ponconya bisa nyangkut di kendaraan lain.

Oleskan tembakau di kaca Helm
Derasnya air hujan menghalangi pandangan kita. Apalagi kalau helmnya full face. Perbedaan hawa membuat kaca berembun. Hilangkan embun dengan membuka separuh kaca atau taburkan tembakau rokok ke seluruh permukaan kaca sampai rata dan bersihkan. Dijamin air tak mengumpul dan embun hilang.

Turunkan Tekanan Ban
Awas, pas jalan berair karet ban tak sepenuhnya nempel aspal atau bahasa kerennya Aquaplanning. Triknya, kurangi tekanan angin ban 3-5 psi. Makin kempis, permukaan yang nempel di aspal lebih banyak. Dijamin lebih stabil, asal bannya gak botak ya.

Nyalakan Lampu Depan
Saat hujan turun apalagi jika deras, pandangan mata kita ke depan menjadi tak jelas. Agar menghindari tabrakan dengan kendaraan lain nyalakan lampu depan agar pengendara lain tau keberadaan kita.

Motor anti air


Musim hujan berkah buat petani, nyebelin bagi bikers alias para penyemplak motor. Apalagi yang sering melewati daerah rawan banjir Ngaku aja deh… Siap-siap aja motor dinaekin gerobak kalau gak mau mogok. Biar motor ente nggak takut lagi sama air coba simak tips dibawah ini ;

1. Oleskan Gemuk di Kelistrikan

Agar air tak masuk dan membuat kelistrikan korsleting, olesi kabel atau soket kelistrikan dengan gemuk atau lilin lebih bagus dengan sealer (lem karet untuk aquarium) atau cairan WD 40. WD 40 membuat lapisan lilin tipis sehingga air ogah nempel. Semprotkan air di celah-celah kelistrikan, khususnya yang berarus positif misalnya Cop Busi, Soket CDI, Penutup Sekring, Relai Starter, Soket Lampu.

2. Rapikan Selang Pembuangan Bensin

Rapikan selang pembuangan bensin di karburator, jangan menjuntai ke bawah, rapikan di tempat yang agak tinggi. Kenapa? Pasalnya, ketika bensin terisap lewat spuyer, ruang mangkuk karbu vakum dan menghisap udara lewat selang. Nah kalau jalan banjir, selang karburator ini kerap menghisap air.

3. Jangan Menggeber Gas

Lewat banjir jangan mainkan atau menggeber gas. Jaga putaran mesin tetap konstan. Jangan sampai turun, sebab air akan tersedot lewat kenalpot dan membuat mesin mati. Jalankan motor perlahan pada gigi satu atau dua saja. Jangan ngebut, karena membuat air bergelombang dan mengenai mesin. Sebelumnya pastikan dulu jalan di depan tidak banyak hambatan agar motor tidak berhenti di tengah banjir.

Agar Helm tak bau apek


Simak nih tips ngerawat helm dari Motoriders :

1. Buka kaca penutup, khususnya jenis full face, saat helm tak digunakan. Karena bila dibiarkan tertutup, udara pengap dan bau bekas keringat bakal terus terperangkap di dalam helm. Bau menyengat juga akan timbul bila tak tersentuh sinar matahari dalam waktu lama. Hawa panas dalam helm akan mengendap pada lapisan busa dan inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

2. Biasakan menjemur helm setelah penggunaan pada perjalanan jarak jauh. Atau perawatan setidaknya dilakukan sepekan sekali, untuk penggunaan harian di Indonesia. Letakan helm dalam posisi terbalik dengan kaca dan seluruh bagian ventilasi terbuka. Ruang terbuka bagian bawah helm mempercepat penguapan butiran keringat dalam helm. Dan sinar ultra violet matahari mampu menetralisasi bar keringat itu.

3. Ketika menyimpan helm, perhatikan fungsi ventilasi agar tetap terbuka sehingga udara bersirkulasi dengan baik. Salah satu cara termudah, buka kaca dan seluruh lubang ventilasi. Bau sisa keringat akan bersirkulasi dan memiliki jalan keluar untuk menguap.

4. Jangan lupa menaruh wewangian seperti misalnya kapur barus, ketika helm tak digunakan. Namun, hati-hati memilih jenis pengharum untuk itu. Jika menggunakan minyak wangi, maka pilih yang mengandung kadar alkohol rendah. Bila terpaksa memakai pewangi beralkohol tinggi, usahakan saat menggunakannya dalam jumlah sedikit. Karena busa helm cepat kering dan kisut bila sering terkena alkohol.

5. Gunakan pewangi beralkohol tinggi secara tepat, seperti misalnya hanya menyemprotkan sedikit dalam jarak cukup jauh dari target. Lalu bila kaca helm terkena alkohol, segera bersihkan dengan tisu atau kain halus. Sebab, senyawa pewangi ternyata akan mempermudah timbulnya jamur pada kaca helm.

6. Poles bagian luar helm dengan pasta pengkilap secara merata. Fungsinya selain untuk menjaga ketahanan warna helm, debu juga tidak mudah menempel.

7. Selesai dipoles dan diharumkan, simpan helm di tempat bebas debu dan tidak mudah terkena matahari secara langsung. Namun jangan juga menaruh helm pada lingkungan lembab. Supaya wewanggian tak terlalu menyengat, kala menyimpan helm buka seluruh ventilasi dan kaca helmnya.

Helm yang bagus, kayak apa sih?



Sebagian besar kecelakaan motor berakibat fatal karena benturan langsung ke kepala yang tidak terlindungi. Ini tidak hanya berlaku untuk pengendara tapi juga bagi yang dibonceng. “Masih banyak pengendara motor hanya menggunakan helm seadanya, karena asal tidak ditilang bapak polisi saja," kata Firman, Anggota Honda Megapro Club (HMPC) Jakarta. Nah, Firman punya tips untuk menentukan helm yang bagus dan aman.

Bentuk
Helm ada dua macam, half-face yang menutup kepala mulai dari dahi sampai kepala bagian balakang dan full-face yang juga menutup dagu. Karena type full-face menutup seluruh kepala, makanya relatif lebih aman dibandingkan dengan type half-face.

Konstruksi
Bagian batok harus terbuat dari material plastik yang keras dan tidak mudah penyok. Terbuat dari resin atau fibre-glass atau material lain yang lebih kuat tapi ringan. Bagian ini yang paling pertama menerima benturan. Selanjutnya bagian lapisan tengah, terbuat dari styrofoam atau polystirene. Bagian ini meredam benturan agar tidak sampai ke kepala. Dan terakhir bagian inner-liner terbuat dari bantalan busa lunak agar nyaman dipakai.

Visor/kaca pelindung
Bagian ini melindungi mata dari debu, pasir, binatang kecil dan lain-lain. Paling baik yang berwarna bening agak tidak mengurangi kewaspadaan terutama saat berkedara di cuaca mendung atau malam. Tebalnya setidaknya 2mm. Material yang baik untuk visor adalah polycarbonat karena tidak mudah pecah. Yang baik adalah yang sudah dilapisi lapisan antigores agar lebih awet, antikabut agar tidak berembun, dan antistatic untuk mencegah debu mudah menempel. Beberapa helm full-face yang bagus masih dilengkapi dengan pelindung napas agar tidak berkabut dari dalam karena hembusan uap dari hidung.

Pengikat
Setidaknya menggunakan double-D ring, atau snap-lock yang mengikat kuat tapi mudah dilepaskan untuk kondisi darurat. Penting juga bahwa tidak boleh ada bagian yang tajam yang berpotensi melukai.

Nyaman dipakai
Helm yang baik nyaman dipakai, tidak sakit bila digunakan untuk waktu yang lama. Tetapi juga tidak longgar, mengetahuinya mudah, gelengkan kepala saat dipakai, bila ada jeda antara menggeleng sampai helm ikut bergerak artinya helmnya longgar. Cara lain, angkat bagian tengkuk kearah atas mengelilingi kepala, bila mudah terlepas berarti longgar. Bila sakit dan menekan kepala artinya terlalu sempit.

Harga
Bervariasi, umumnya helm baik tidak murah, tapi sebanding dengan nilai kepala yang dilindungi. Banyak helm di pasaran berwarna cantik berharga murah tapi tidak memenuhi standar untuk melindungi. Lebih baik bila helm yang dipilih lolos uji kelayakan internasional semisal SNI, DOT atau yang lainnya. Jangan ragu untuk mengeluarkan uang lebih demi keselamatan.

Usia Pakai
Gantilah helm dengan yang baru setidaknya dua sampai empat tahun. Selama itu kemungkinan material helm sudah mengalami deformasi karena usia. Gantilah juga helm bila sudah pernah mengalami benturan atau kecelakaan, mungkin ada bagian yang retak tapi tidak terlihat. Rajin-rajinlah memeriksa kondisi helm anda untuk memastikan apakah masih layak atau tidak.

Semoga membantu

MITOS OLI


Minimnya pengetahuan tentang perkembangan teknologi pelumas, menyebabkan timbulnya banyak mitos di masyarakat. Sebagai contoh, saat mengganti oli mesin ... oli bekas berwarna hitam ... sering dianggap oli berkualitas buruk.

Padahal justru sebaliknya, perubahan warna oli menandakan bahwa oli telah bekerja dengan baik sebagai pelarut kotoran. Selanjutnya kotoran akan terbawa keluar pada saat pergantian oli dilakukan, karenanya dinding mesin akan terbebas dari kerak.

Dilain pihak, apabila perubahan warna tersebut terjadi dalam kurun waktu yang sangat dekat (terhitung sejak saat pergantian pertama), itu menandakan kemungkinan adanya kerusakan komponen didalam mesin sehingga oli cepat teroksidasi.

Kita jangan bingung2, pake aja oli yang bagus (mungkin harus 2-4 kali coba baru dapet, kayak pacaran aja kalau cocok jadi bini). Kalau dilihat dibuku petunjuk motor hampir tidak disebutkan merk oli dan yang disebutkan hanya API SG 20w50 atau yang lebih baik. Jadi kalau anda pakai oli yang lebih baik kenapa takut garansi batal? Coba tanya ke staff AHASS hal ini, apa jawaban mereka?

Untuk mencoba oli baru bisa ikuti prosedur berikut :

§ Sebelum ganti oli, coba bersihkan saluran bahan bakar dan kerak yang mungkin ada di mesin. Tidak usah bingung, bisa pakai carburator cleaner yang dituang ke tangki misal merk STP. Lakukan tiga hari sebelum ganti oli dan motor dipakai seperti biasa dan kalau bisa kecepatan agak tinggi, ini untuk membersihkan saluran bahan bakar dan endapan karbon.

§ Ganti oli dengan oli baru yang sesuai (jangan lupa ada JASO MA) termasuk filter olinya. Lakukan penggantian oli pada kondisi mesin panas agar oli lama keluar semua.

§ Coba deh pakai selama seminggu ada perubahan yang enak gak? kalau nggak berarti olinya tidak cocok. Perubahannya : - Suara mesin jadi lebih halus, tarikan lebih ringan, tenaga lebih mantap.

Oli merk apapun kalau sudah mendapat sertifikasi API (SG/SH/SJ/SL) dan JASO MA berarti oli itu sudah memenuhi standar baku yang cukup bagus dan memenuhi semua unsur yang diperlukan oleh mesin. Masalahnya banyak oli di Indonesia tidak ada ada sertifikasi tersebut. Coba lihat kemasan oli anda, kalau tidak ada sertifikasi tersebut apakah anda rela mesin anda menderita sengsara dan akhirnya turun mesin bahkan ganti mesin?

Keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral

Berikut beberapa keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :

§ Lebih stabil pada temperatur tinggi
§ Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
§ Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
§ Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
§ Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien
§ Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan mesin lebih dingin
§ Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari kerak

Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan mineral oil) atau fully-synthetic.

Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

Oli untuk motor sampai saat ini belum dapat informasinya yang sudah API SL. Oli motor synthetic hampir semuanya baru SJ, kalo mineral mungkin baru SG/SH.

Mineral Oil :
§ Sprinta 2000 : SAE 20W-50, API SG
§ Evalube 4T : SAE 20W-50, API SF
§ Mesran Super : SAE 20W-50, API SG
§ Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG
§ Penzoil Motorcycle 4T : SAE 20W-50, API SF

Oli yang bagus (biasanya synthetic) mampu memberikan lapisan film tipis yang pada komponen metal yang bergerak yang mana berguna untuk mengurangi gesekan komponen metal sehingga suara mesin jadi lebih halus dan tarikan lebih mantap.

Pada intinya milih oli hampir sama dengan milih bini (cocok2an) tapi ada garis besarnya yang bisa di-ikuti :

§ Disarankan jangan menggunakan oli untuk mobil ke motor anda sebab ada bahan di-oli mobil yang harus dikurangi bahkan dihilangkan tetapi di motor harus agak banyak untuk meredam gesekan karena putaran mesin motor lebih tinggi dan lebih berat kerjanya.
§ Motor tahun 2001 keatas disarankan menggunakan Oli API SG keatas misal API SH/SJ atau SL. SAE bisa 20w50 atau 10w40. Usahakan yang Semi Sintetik karena lebih licin sehingga bisa masuk kecelah2 metal mesin yang sempit dan tahan oksidasi sehingga kualitas oli tidak gampang rusak dan mesin jadi lebih bersih dan tentunya tarikan jadi lebih mantap.

Disarankan juga untuk menggunakan Pelumas yang memiliki dan mencantumkan Nomor Pelumas Terdaftar Untuk melindungi kepentingan masyarakat atas mutu pelumas yang beredar di dalam negeri pelumas sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1693.K/34/MEM/2001 tanggal 22 Juni 2002. Pelumas yang memiliki NPT adalah pelumas yang telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis serta lulus uji laboraturium terakreditasi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal MIGAS. NPT dapat diidentifikasikan dengan 12 digit huruf dan angka Contoh : DEPTAMBEN RI NPT : AB25E4110199 atau DESDM RI NPT : AC66E1054104.

Memilih pelumas yang baik dan benar




Pelumas adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor. Memilih dan menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor anda, merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan agar tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan.

Umum beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin. Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain sebagai; Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada Dinding Mesin.

Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat berkaitan; sebagai Pelumas, Oli akan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin bergerak lebih halus, sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal. Selain itu Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar yang mencapai 1000-1600 derajat Celcius ke bagian lain mesin yang lebih dingin.

Dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume maupun kebutuhan mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan semakin kecil, namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi pompa oli.

Oleh sebab itu, peruntukkan bagi mesin kendaraan Baru (dan/atau relatif Baru berumur dibawah 3 tahun) direkomendasikan untuk menggunakan oli dengan tingkat kekentalan minimum SAE10W. Sebab seluruh komponen mesin baru (dengan teknologi terakhir) memiliki lubang atau celah dinding yang sangat kecil, sehingga akan sulit dimasuki oleh oli yang memiliki kekentalan tinggi.

Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus mencegah timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu yang lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam pelumas berfungsi sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar terbuang saat pergantian oli.

SPESIFIKASI OLI

Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tidak semestinya membuat bingung. Ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan Acuan; antara lain, kenali karakter kendaraan anda (spesifikasi mesin serta lingkungan dimana mayoritas anda berkendara (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.).

Tingkat kekentalan oli yang juga disebut "VISKOSITY-GRADE" adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut.

Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun. Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE.

Mutu dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API: SL, kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua mununjukkan nilai mutu oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan kebutuhan mesin modern.

§ SF/SG/SH - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1980-1996)
§ SJ - untuk jenis mesin kendaraan produksi (1996 - 2001)
§ SL - untuk jenis mesin kendaraan produksi (2001 - 2004)

Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin, atau diesel (2 tak atau 4 tak), peralatan industri, dan sebagainya. Untuk memilih kualitas pelumas yang cocok, kita dapat mengacu pada API Service (American Petroleum Institute), JASO (Japan Automotive Standard Association), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d' Automobiles), DIN (Deutsche Industrie Norm), dan lain-lain yaitu acuan untuk kerja (performance) pelumas berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh lembaga independen industri pelumas international.

Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya. Oli mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari hasil campuran kimia. Bahan oli synthectic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin). Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL.

Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin2 berteknologi terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik (racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna. Oli synthetic tidak disarankan untuk mesin yang berteknologi lama dimana celah antar part biasanya sangat besar/renggang sehingga bila menggunakan oli synthetic biasanya menjadi lebih boros karena oli ikut masuk keruang pembakaran dan ikut terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot agak ngebul.

Tips isi Oli



ISI OLI SESUAI ANJURAN..
Peranan Oli sangat penting bagi mesin, khususnya untuk mesin motor maupun mobil. Namun apabila tidak sesuai dengan anjuran produsen mesin tersebut, tentunya akan mendatangkan masalah bagi mesin itu sendiri. Banyak kasus teman-teman yang mengisi oli melebihi batas maksimal dari yang dianjurkan, juga banyak teman-teman motoris yang mengisi oli mesin mobil ke dalam mesin motornya. Wah, wah.. semoga tidak terjadi pada mesin motor maupun mobil kita ya.
Pada mesin mobil dan motor disediakan alat untuk mengukur kapasitas oli yang ada di mesin, sering disebut dengan Dipstick Oil. Pada Dipstick Oil tersebut ada petunjuk High/Full dan Low/Add, apabila ketinggian oli berada diantara batas Maksimal dan Minimal, maka kapasitas oli dalam mesin dapat dikatakan berada dalam kondisi NORMAL. Jika berlebihan, segera dikurangi (dibuang melalui Oil Drain). Jika kurang, segera ditambahkan dengan oli yang sama jenisnya dengan oli yang ada di dalam mesin.
Mengapa tidak dibenarkan mengisi oli melebihi batas Maksimal?
Seluruh produsen mesin motor maupun mobil melarang kita untuk mengisi oli melebihi batas maksimal, karena akan berdampak buruk pada mesin. Seperti apakah kira-kira dampak buruknya?

• Apabila kapasitas oli berlebihan, maka putaran poros engkol / crankshaft akan menyentuh genangan oli yang ada di bak karter, sehingga membuat oli menjadi berbusa yang berisi udara/gas. Hal ini dapat menimbulkan oli menjadi lebih cepat panas / overheat, beroksidasi dan kehilangan tekanan oli (loss of oil pressure).
Oli yang berbusa sukar untuk dipompa oleh pompa oli sehingga komponen mesin yang seharusnya mendapatkan pelumasan menjadi kering, dan akan rusak / macet.

• Selain itu, oli yang berbusa akan membuat tekanan gas yang berlebihan di dalam ruang mesin, sehingga melalui jalur sirkulasi (PCV) akan terdorong (blow by gas) ke filter udara. Biasanya filter udara menjadi basah oli.

• Motor dengan karburator, akan banyak ditemukan lapisan tipis oli, lebih parah akan menyumbat jalur-jalur dan needle valve (float valve) yang ada di karburator tersebut.

• Tekanan udara dari oli yang berbusa tersebut, juga merembes keluar melalui seal-seal yang ada di mesin.

• Pada mesin motor, pengisian oli yang berlebihan juga mengganggu plat kopling (clutch). Karena plat kopling menjadi terendam oli, sehingga terlalu banyak oli yang membasahi plat kopling tersebut dan menjadi Slip. Normalnya, oli akan terlempar dengan sendirinya oleh putaran plat kopling (clutch) tersebut. Jika plat kopling slip, maka akan mengurangi umur pakainya, kehilangan tenaga dan pemborosan bensin.
Nah, jadi jelas sekarang, mengapa produsen mesin motor maupun mobil membatasi jumlah oli yang boleh dimasukkan ke dalam mesin. Kelebihan dan kekurangan adalah tidak baik buat mesin.Jangan kelebihan isi oli dong ya…

Bisakah oli mesin mobil dipakai di mesin motor?
Bisa dibilang seluruh pabrik oli akan berkata TIDAK DIANJURKAN. Mengapa demikian?
Oli mesin motor bisa dibilang lebih rumit spesifikasi dan karakteristiknya ketimbang oli mesin mobil.
Oli pada mesin mobil dirancang untuk melumasi Bushing dan Bearing maupun pergerakan piston saja. Jadi pada mesin mobil, dibutuhkan oli yang licin dan mampu membuat lapisan tipis untuk melumasi komponen-komponen yang bergesekan tadi. Umumnya oli mesin mobil ditambahkan aditif Friction-Modifiers untuk memperkecil gesekan.
Apa akibatnya jika oli licin tadi dipakai di mesin motor? Tentunya untuk mesin motor yang menggunakan kopling basah (wet clutch), akan membuat kopling menjadi slip karena licin.

Jadi, kopling basah mesin motor memerlukan oli yang tidak licin sehingga kopling bisa tetap ‘gigit’, tidak kehilangan tenaga. Dengan kata lain, pada oli mesin motor, tidak boleh ada Friction Modifiers (Menurut standard JASO MA), atau ada sedikit Friction Modifiers (Menurut standard JASO MB).
Viskositas (keenceran) Oli akan rusak oleh roda gigi. Umumnya roda gigi transmisi mesin motor menyatu dengan mesin motor itu sendiri, sehingga oli akan membasahi roda-roda gigi tadi. Untuk itu oli motor dirancang untuk tahan terhadap ‘perasan’ roda-roda gigi transmisi agar viskositasnya tidak rusak.

Sementara untuk mesin mobil, roda-roda gigi transmisi berada pada bagian terpisah, dan dilumasi khusus oleh oli transmisi.
Banyak ditemukan di toko perlengkapan motor menjual oli yang sebenarnya untuk mesin mobil. Wah wah.. buat konsumen tentunya bikin bingung…

Biar mudahnya… oli untuk mesin motor, pastikan ada tertulis 4T yang digunakan untuk mesin motor jenis 4 tak maupun mesin motor 2 tak.
(Oli samping motor 2 tak bertuliskan kode 2T, bukan untuk dimasukkan ke ruang mesin).

Sementara, kalau oli mesin mobil, biasanya langsung tertulis angka viskositasnya secara jelas, misalnya 10W40, 5W30, 20W50, dst..
Selain itu, pastikan untuk motor dengan sistem Kopling Basah (Wet Clutch System) menggunakan oli mesin motor yang mencantumkan standard JASO MA (untuk kebanyakan motor di Indonesia memerlukan standard JASO MA, umumnya motor Jepang atau Asia).
Jangan salah isi oli dong ya…

RINGKASAN:
Biar lebih jelas lagi..
1. Oli Mesin mobil, ada kandungan Friction-Modifiers yang membuat oli sangat licin, dan membuat lapisan film pada metal yang bergesekan, agar licin / sedikit gesekan.
2. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MA, TIDAK ADA kandungan Friction-Modifiers, sehingga kopling basah tidak slip.
3. Oli Mesin Motor dengan Standard JASO MB, ADA ditambahkan sedikit kandungan Friction-Modifiers, namun ditujukan untuk mesin2 motor yang Advance Wet Clutch (kopling basah yang khusus). Masih sedikit sekali motor yang menggunakan oli dengan standard JASO MB.

Semoga bermanfaat Bro!

Kebiasaan buruk jangan dipelihara



Ada beberapa kebiasaan atau pemahaman yang banyak beredar di masyarakat namun sebenarnya tidak tepat, bahkan salah kaprah.

Menyetel putaran lansam/stasioner mesin sangat rendah. Banyak pengguna motor ingin suara mesin sehalus mungkin saat stasioner menyetel putaran pada putaran yang rendah. Sebenarnya, setting putaran yang ditetapkan dimanual yaitu 1400 – 1600 rpm adalah setting yang pas. Karena pada putaran ini semua fungsi pelumasan sudah bekerja dengan sempurna. Jika putaran terlalu rendah, pompa oli belum bekerja dengan optimal sehingga pelumasan tidak bagus akibatnya bisa merusak komponen-komponen didalam mesin.

Menambah cairan aki dengan accuzuur/asam sulfat (H2SO4) untuk menambah cairan aki. Cukup gunakan air murni/destilasi yang bebas mineral karena berkurangnya cairan diakibatkan penguapan kandungan airnya sedangkan asam masih tetap. Jika digunakan accuzuur, maka tingkat keasaman menjadi terlalu tinggi yang mengakibatkan kerusakan pada pelat positif dan negative (pasta pada pelat larut, menjadikan hubung singkat). Menghubung sinkatkan kabel waktu mengetes kerja battery. Jika system listrik pada sepeda motor tidak bekerja, salah satu point yang utama adalah kondisi battery. Mungkin banyak melakukan jalan pintas mengecek battery dengan menghubungsingkatkan antar terminalnya, jika keluar api berarti masih baik. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena percikan api yang keluar saat terminal dihubungsingkatkan dapat menyebabkan bahaya kebakaran. Ingat bahwa kita bekerja didekat tangki bensin dimana bahan baker mudah menguap.

Mengisi oli mesin lebih dari ukuran yang direkomendasikan kadang. Kadang orang beranggapan bahwa dengan menambah isi oli mesin maka pelumasan akan lebih baik. Volume yang direkomendasikan oleh pabrik sudah diuji dengan teliti sehingga akan berfungsi optimal dan ekonomis. Jika oli mesin terlalu banyak, putaran mesin akan terasa berat dan menimbulkan dampak lain seperti borosnya bahan baker, kurangnya akselerasi dll.

Knalpot standard sudah dirancang sedemikian rupa agar performance mesin optimal. Dengan begitu perubahan pada knalpot belum tentu memberikan hasil positif. Selain itu jika saringan dilepas, suara knalpot akan memekakkkan telinga sehingga mengganggu lingkungan sekitar. Dampak lain yang merugikan adalah campuran bahan baker akan mudah terlepas keluar mesin sehingga mesin mudah panas, dan dapat menyebabkan piston mengalami kecacatan (baret) atau macet.

Menggunakan electric starter terlalu lama atau malah tidak digunakan sama sekali. Saat mesin susah dihidupkan dengan electric starter janganlah dipaksakan terus menggunakannya. Electric starter menggunakan arus yang sangat besar ini, jika berlangsung terus menerus dalam selang waktu yang pendek dapat mengurangi umur aki. Tekan tombol starter electric paling lama 5 detik kemudian istirahatkan 5 detik baru ulangi lagi. Jika sudah berkali-kali tidak mau hidup cobalah gunakan kick starter. Namun jangan pula anti terhadap penggunaan electric starter takut battery cepat rusak. Electric starter dirancang untuk kenyamanan dalam penggunaan sepeda motor, gunakanlah secara wajar.

Memanaskan mesin terlalu lama. Memanaskan mesin pada saat mesin dingin sangat baik bagi mesin karena akan meratakan sirkulasi pelumas. Namun jika terlalu lama akan berdampak negative karena saat dipanaskan dalam kondisi berhenti pendinginan mesin tidak optimal. Ingat bahwa pendinginan mesin didapat melalui mekanisme aliran udara saat motor bergerak. Mesin cukup dipanaskan 2-3 menit saja pada kondisi langsam.

Tips anti maling



Yang namanya maling ada saja akalnya dan makin menjadi-jadi. Meski sudah diberi kunci ganda, kalau kurang hati-hati motor tetap bisa raib. Berbagai cara yang praktis tapi cukup membuat puyeng pencoleng patut kita jalankan.

Teknisnya sederhana, hanya butuh meluangkan waktu sebentar demi keselamatan motor kesayangan yang kita miliki yang biasa jadi urat nadi transportasi sehari-hari. Nih, simak!

1. Ganti Baut

Ada baiknya untuk mengganti beberapa baut di beberapa part yang selama ini merupakan incaran para si-tangan panjang (maling). Antara lain adalah Speedometer dan Master Rem (Disk Brake) Depan, atau banyak yang menyebutnya sebagai “Pala Babi”. Apalagi proses bongkarnya hanya membutuhkan waktu ~ 5 - 10 menit, karena parts tersebut hanya menggunakan baut kunci biasa.

Asal diketahui saja kedua spareparts itu cukup mahal harganya, antara Rp800 rebuan hingga Rp1,5 juta, tergantung tipe motornya. Nah, lumayan khan? Jadi langkah pengamanannya adalah dengan cara mengganti baut-bautnya, yang paling bagus
& aman adalah menggunakan baut bintang, harganya sekitar Rp15.000,00 per buah. Lumayan murah dibanding harus kehilangan spedometer khan?

2. Kantongi Tutup Busi

Saat memarkir motor di tempat umum yang rawan, buka tutup busi dan masukan dan simpan di tas atau saku celana, dijamin akan membuat pusing sang pencoleng karena motor tak bisa distart.

3. Pasang Saklar Rahasia

Pasang sakelar rahasia pemutus arus yang tersembunyi dari aki (baterai). Saat parkir putuskan aliran listrik melalui switch/sakelar rahasia sehingga meski kunci kontak bisa difungsikan dengan merusak dengan kunci T oleh sang pencuri misalnya tetap tak ada aliran listrik untuk menghidupkan mesin. Namun sebaiknya pakai cara ini bila garansi motor anda sudah habis, karena bisa berakibat hangusnya garansi kelistrikan selama 1 tahun.

4. Pasang Gembok Grendel Stainless

Cara ketiga tersebut saat ini memang sudah umum, dan banyak pencoleng juga sudah tau rahasianya. Yang lebih aman, memasang gembok grendel di cakram rem depan atau gir belakang (bila remnya tidak cakram). Pilih gembok yang tidak ada pake per, alias gembok stainless anti gerinda (merknya misalnya Abus atau Krisbow), harganya berkisar Rp20-30 ribu dan banyak dijual di toko perkakas atau toko bangunan.

Menurut pengakuan “raja maling”, paling sulit kalau sudah pakai gembok stainless anti gerinda di motor. Paling-paling motor kalau malingnya nekat, diangkut ke atas bak mobil. Yaahh..kalo sudah begini sih emang nasib…

5. Parkir di Dekat Pos Penjagaan

Jika anda di mall atau parkiran umum, parkirlah dekat pos penjagaan parkir. Semakin dekat, semakin aman karena pencoleng juga mikir kalo deket pos. Semakin jauh parkirnya apalagi mojok-mojok, pencoleng makin leluasa ngerjain motor sobat. Jangan lupa, meski di parkir resmi (secure park), tetap kunci dan gembok motor sobat! Gak ada jaminan parkir resmi bebas pencoleng kan? Coba aja baca di karcisnya : “Kehilangan kendaraan bukan tanggung jawab pengelola parkir,”

6. Doa, jangan lupa.

Ya, namanya juga usaha. Usaha manusia kan ada kelemahannya. Jadi, jangan lupa setelah gembak gembok sana sini pasang pengaman, pas ninggalin motor, berdoa agar motor kita dijagain sama yang Maha Menjaga, Allah SWT. Insya Allah, motor tetap utuh gak dicolek sama si tangan panjang. Amin. (jojo)

Cara menghitung volume silinder


Kutipan dari milis HTML (Bro ├ędwin pada 25-01-2005, 18:07)


Pernah Oversize? kalau oversize 25 mesin tiger jadi berapa CC yak?

Tinggal dihitung.
oversize 25 itu sama saja dengan membesarkan diameter piston 0.25 mm. Misal sekarang volume silinder standar Tiger 196,9 cc

Diambil dari Data Spesifikasi Tiger 2000 (http://www.honda- tiger.or.id/forum/showthread.php?t=1768) diameter piston (d) = 63,5 mm (6,3 cm) dan langkah (L) = 62,2 mm (6,2 cm).

Umpama diameter piston naik 0.25 mm atau jadi 63,75 mm, dihitung pakai rumus Vl = ¼ x 3.14 x d2(cm) x L (cm).

Maka besarnya volume silinder setelah dihitung = ¼ x 3,14 x (6,37 x 6,37) cm x 6,22 cm = 198.43 cc.

Untuk Oversize 50, 75, 100 dst.. tinggal mengganti variable (d) aja yak

Menghindari Tilang Polisi


sodara-sodara, meski banyak kerjaan di kantor, gue hari ini telat dateng, demi misi mulia, yaitu ngurus Tilang secara jujur, tanpa nyogok. Satu hal yg perlu gue sharing buat kalian adalah : kalo lu ditilang di jalan oleh polisi apapun, jangan sekali2 damai atau ngasi duit, bilang tilang aja langsung. hasilnya tuh plokis pasti bete karena gak dapet duit, kedua, ngurusnya gampang kok, dan dendanya resmi...begitu sodara..sodara.

Tips nya :

1. kalo lu ditilang di jalan sebenernya ada dua pilihan (gue juga baru tahu), form biru dan form merah.

2. Form biru adalah kalo lu terima kesalahan lu (artinya lu gak perlu berdebat ama hakim). Dgn form ini lu bayar dendanya di BRI yg ditunjuk (nanti tabel dendanya ama lokasi BRI bisa minta ke gue kalo minat), abis bayar denda resmi ke BRI, ambil SIM ato STNK yg disita ke kantor Ditlantas POLDA Metro di Pancoran, gedung baru, sebelum Gelael arah cawang. Disini ada ruang khusus loket Tilang, ruang tunggu nyaman ber-AC, dengan hiburan SateliteTV (norak ya gue)

3. Form merah artinya lu gak terima kesalahan lu, dan dikasi kesempatan untuk berdebat ato minta keringanan ama hakim. Biasanya tanggal sidang adalah maksimum 14 hari dari tanggal kejadian, tergantung hari sidang Tilang di PN (Pengadilan Negeri) bersangkutan.

Contoh gue ditilang di Kuningan, berarti sidang di PN Jaksel, jl ampera, disini sidang tilang setiap selasa. Nah oleh polisi, barang sitaan (SIM or STNK) akan disetor ke kantor Ditlantas pancoran itu sampai dengan H-1 tanggal sidang. Jadi selama masih di pancoran SIM/STNK itu bisa ditebus tanpa sidang ke PN, cukup ke loket yg gue sebutin tadi, serahin form merah, bayar dendanya, SIM/STNK balik dengan sukses.

4. H-1 tgl sidang dan seterusnya, SIM/STNK udah dikirim ke pengadilan sesuai daerah perkara, jadi kudu ditebus di PN masing2

5. Kalo pengen hadir sidang, dateng sesuai tanggal sidang yang tertera di surat Tilang ke PN yg ditunjuk. Tapi ini gak gue saranin. Kenapa ? karena antreannya luarbiasa banyak, kita gak punya kesempatan ertemu hakim, karena sidangnya sebenarnya IN ABSENTIA, dan banyak banget CALO yg nawarin bantuan. Mending enggak deh

6. Lebih baik cuekin aja tanggal sidang, ambil SIM/STNK terserah elu di hari lain, hindari hari sidang tilang biar gak rame, terus langsung tuju Loket khusus Tilang yang ada di masing2 PN. Tunjukin form merahnya, dalam 5 menit SIM/STNK udah di tangan elu dengan bayar denda resmi. Sebelumnya cermati berapa denda resminya, biar gak dilebih2in ama petugasnya .

Contoh nih, gue tahu denda masuk jalur cepat (gue naik motor) Rp.15000, petugasnya bilang Rp.25600, dikasi angka 600 seolah2 itu perhitungan rumus2 njelimet, padahal akal2an aja biar ada yg masuk kantong dia. Gue kasi uang bulet 15.000 dia diem aja kok..hehe

7. Udah ngerti kan. jadi intinya : jangan sekali2 damai ama polisi di jalanan, tilang mah tilang aja, pilih prosedur sesuai tips diatas, gak usah sidang kalo gak pengen bete, cuekin calo2 yg nawarin bantuan, bayar denda sesuai tarif resmi. Semua ini demi INDONESIA yg bersih dan berwibawa gemah ripah loh jinawi...hehehehe

salam sejahtera


PS : diambil berdasarkan pengalaman bro Dedy Ardian (HMPC Sidoarjo) dan bantuan dari berbagai milis

Menghilangkan embun kaca di helm bagian dalam


Ketika hujan dan kaca helm bagian dalam mengalami ganguan, shampo menjadi cairan penolong yang manjur. Pasalnya pembersih rambut ini mampu mengurangi embun kaca depan yang bisa manghalangi pandangan pengemudi.

Pekerjaan mudah, anda cukup menuangkan beberapa cc shampo (shampo 1 sachet) pada sehelai kain atau lap. Lalu gosokkan pada kaca bagian dalam hingga merata. Tunggu beberapa saat hingga mengering dan lanjutkan perjalanan

selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Arti Warna pada kabel motor


Hijau : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Aki
Hitam : (+) Kunci kontak
Putih : (+) Alternator pengisian (+) Lampu dekat
Kuning : (+) Arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) Lampu jauh
Abu-abu : (+) Flaser
Biru laut : (+) Sein kanan
Oranye : (+) Sein kiri
Coklat : (+) Lampu kota
Hitam-Merah : (+) Spul CDI
Hitam-Putih : (+) Kunci kontak
Hitam–Kuning : (+) Koil
Biru-Kuning : (+) Pulser CDI
Hijau-Kuning : (+) Lampu rem

(Sumber: Sarwono Edi, Staf Divisi Teknik, PT Astra Honda Motor)

Tips untuk perbaikan motor 4 tak yang terendam banjir


Langkah I:
Lepaskan filter udara dari sarangannya dan keringkan dengan lap.
Langkah II:
Keringkan koil dan distributor serta kabel busi dari air
Langkah III:
Kuras oli mesin sampai habis dan bersihkan filter oli.
Langkah IV:
Isi mesin dengan " Oli spesial yang larut dengan air" yaituShell Dromus B , Esso Kutwell 30, 40,45 atau 50 , Mobilmet 122/110. atau TOTAL Lactuca LT2 Bila isi oli normal 0.9 ltr anda harus mengisi oli satu liter
Langkah V:
Gerakkan mesin dengan starter kaki tanpa dikontak sekitar 30 kali (posisi katup bensin tertutup)
Langkah VI:
Kuras oli pelarut tersebut sampai habis dan perhatikan warnanya bila oli tersebut berwarna putih susu menandakan ada air yang dilarutkannya dan tunggu sekitar satu jam agar semua cairan oli pelarut terkuras habis.
Langkah VII:
Isi mesin dengan oli secukupnya hidupkan mesin dan jalankan mesin sampai 1 jam agar mesin cukup panas. Setelah itu kuras kembali oli dari dalam mesin dan pastikan sudah tidak ada air dalam oli dan pada filter oli.
Langkah VIII:
Isi dengan oli yang sesuai dengan oli keinginan anda dan jalankan mesin seperti biasa.

Monday, April 23, 2007

New Basecamp HMPC Bekasi


Diberitahukan kepada All Anggota Honda Megapro Club, bahwa HMPC Chapter Bekasi saat ini telah memiliki tempat kopdar yang baru yaitu:

Kompleks perkantoran dan pertokoan SUN CITY SQUARE - Bekasi, Dekat Perempatan Rawa Panjang (samping pos polisi)..

Selain itu, tempat kopdar yang lama (Ruko Samping Islamic Centre Bekasi) tetap menjadi Base Camp kami.

Tempat kopdar yang baru telah kami kunjungi sejak 14 April 2007. kami berencana akan mengadakan Launching New Base Camp HMPC Chapter Bekasi (jika memungkinkan).

Apabila Bro n Sis semua berminat sowan, harap hubungi contact person HMPC Chapter Bekasi.. atau dapat menghubungi Ane (Bro Dede Satibi) HP:0813 1653 0710

Thanks..

Data Spesifikasi Honda Revo



Panjang x lebar x tinggi 1.922 x 692 x 1.086 mm
Jarak sumbu roda 1.234 mm
Jarak terendah ke tanah 147 mm
Berat kosong 99,8 kg (tipe CW) 99,2 kg (tipe spoke)
Tipe rangka Tulang punggung
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Peredam kejut ganda
Ukuran ban depan 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang 80/90 – 17 M/C 44P
Rem depan Cakram dobel piston
Rem belakang Teromol
Tipe mesin 4-Langkah, SOHC, Pendingin udara
Diameter x langkah 50 x 49,5 mm
Volume langkah 97,1 cc
Perbandingan kompresi 9,0:1
Daya maksimum 5,36 kW (7,18 hp)/8.000 rpm
Torsi maksimum 7,25 Nm/6.000 rpm
Kopling Otomatis sentrifugal
Starter Pedal dan elektrik
Kapasitas tangki 3,7 liter
Kapasitas pelumas 0,7 liter pergantian periodik
Gigi transmisi Kecepatan bertautan tetap
Pola pengoperan gigi N-1-2-3-4-N (rotari)
Aki MF 12V, 5Ah
Sistem pengapian AC-CDI, Magneto

Pengurus HMPC Chapter Jakarta



Rapat Anggota dan Pengurus Chapter Jakarta pada tanggal 31 maret 2007 yang merupakan kelanjutan dari rapat 25 Maret 2007, dengan hasil sebagai berikut :

1. Pembuatan Job Description masing-masing Divisi Chapter Jakarta(Dibuat dan disyahkan pada 25 Maret 2007).

2. Perubahan dan penambahan pengurus Chapter Jakarta :

Ketua Chapter : Bro Karman
Wakil Ketua Chapter : Bro Zerry
Bendahara : Sis Anies
Kadiv Touring : Bro Ocktwin
Kadiv Anggota : Bro Ari Gondes
Anggota : Bro Tomo
Kadiv. Acara : Bro Kirman
Anggota : Bro Hendrik
Documentasi : Bro Ifan
Kadiv. Humas : Bro Arul Camat
Anggota : 1. Bro Rudi
Anggota : 2. Bro Benny
Kadiv. Usaha : Bro Yudo
Anggota : Bro Andre
Kadiv. Tatib : Bro Ari Stopie
Anggota : 1. Eddy
Anggota : 2. Eka Serdadu

Demikianlah susunan Kepengurusan Chapter Jakarta, dan kegiatan Chapter Jakarta.

Wasalam,
Wakil Ketua Chapter Jakarta

Tips Berbusana untuk Pria



Beberapa dekade lalu, kata modis mungkin hanya berlaku bagi kaum hawa. Namun sejalan dengan waktu modis alias mengikuti trend juga masuk dalam kosa kata pria. Saat ini, jika Anda menengok ke dalam katalog busana pria, Anda akan menemukan banyak pilihan produk, bahkan lengkap dengan aksesorisnya, mulai dari jam tangan, sabuk kulit, kaos kaki yang nyaman, dasi hingga parfum. Banyak pilihan untuk pria jaman sekarang sebagai modal tampil dendy dan menarik, namun memilih busana dan aksesoris yang sesuai agar tampil matching tak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Berikut kami suguhkan beberapa tips berbusana untuk kaum pria:

Untuk Yang Berpinggang Pendek

Pria dengan pinggang pendek sebaiknya menghindari mengenakan celana ketat dan jeans. Kombinasi busana warna pink dan celana hitam juga tak sesuai untuk bentuk tubuh Anda. Disarankan bagi tipe pria berpinggang pendek untuk memilih celana yang jahitannya beberapa senti lebih tinggi di bagian pinggang.

Untuk Pria Berpinggang Panjang

Disarankan untuk tipe tubuh ini lebih baik mengenakan jeans. Anda bisa memadukan warna-warna kontras untuk T-shirt, dan untuk menghindari pandangan orang terpusat pada kaki, Anda bisa juga memilih sabuk dengan gesper tinggi.

Untuk Pria Berpantat Tipis

Jika Anda khawatir dengan pantat tipis, Anda perlu memberi perhatian khusus pada model celana yang Anda kenakan. Celana panjang dan lurus lebih sesuai untuk bentuk tubuh Anda.

Tips berbusana yang dapat membantu:

- Celana bermodel besar membuat Anda terlihat lebih besar dari ukuran yang sebenarnya.

- Busana bercorak horizontal membantu Anda terlihat lebih besar.

- Busana bercorak vertikal membuat Anda nampak lebih tinggi dan kurus.

Mudah bukan memadukan busana untuk mendapat penampilan trendy? Selamat mencoba!


Tanda Anda jodoh or not


* Pertanda 1
Rahasia sepasang kekasih agar bisa memiliki umur hubungan yang panjang adalah adanya saling berbagi. Anda dan dia selalu bisa saling membantu,entah itu pekerjaan sepele atau besar. Paling penting adalah Anda berdua selalu bisa menikmati segala aspek kehidupan secara bersama-sama. Dan semuanya terasa amat menyenangkan meskipun tanpa harus melibatkan orang lain. Nah,apakah Anda sudah merasakan hal tersebut? Jika ya, selamat berarti ada harapan bahwa dia adalah calon pendamping hidup Anda!

* Pertanda 2
Salah satu kriteria yang menentukan cocok tidaknya dia itu jodoh Anda atau bukan adalah kemampuannya bersikap santai di depan Anda. Coba sekarang perhatikan, apakah gerak geriknya, caranya berpakaian, gaya rambutnya, caranya berbicara serta tertawanya mengesankan apa adanya? Apakah setiap ucapannya selalu tampak spontan dan tidak dibuat-buat? Jika tidak, (maaf). Kemungkinan besar dia bukan jodoh Anda.

* Pertanda 3
Adanya kontak bathin membuat hati Anda berdua bias selalu saling tahu. Dan bila Anda atau si dia bisa saling membaca pikiran dan menduga reaksi serta perasaanya satu sama lainnya pada situasi tertentu. Selamat! Mungkin sebenarnya dialah belahan jiwa Anda yang tersimpan...

* Pertanda 4
Bersamanya bisa membuat perasaan Anda menjadi santai, nyaman tanpa perasaan tertekan. Berjam-jam bersamanya, setiap waktu dan setiap hari tak membuat Anda merasa bosan.. Ini bisa sebagai pertanda bahwa Anda berdua kelak bias saling terikat.

* Pertanda 5
Dia selalu ada untuk Anda dalam situasi apapun. Dan dia selalu bisa memahami cuaca dalam hati Anda baik dalam suka dan duka. Percayalah pasangan yang berjodoh pasti tak takut mengalami pasang surut saat bersama. Sekarang, ingat-ingat kembali. Apakah dia orang pertama yang datang memberi bantuan tatkala Anda dirundung musibah? Dia cepat-cepat datang dan mencarikan obat tatkala mendengar kabar Anda sakit? Jika ya, tak salah lagi. Dialah orangnya...

* Pertanda 6
Dia tak terlalu peduli dengan masa lalu keluarga Anda, dia tak peduli dengan masa lalu Anda saat bersama kekasih terdahulu. Dia juga tak malu-malu menceritakan masa lalunya.. Nah, kalau begitu ini bisa berarti dia sudah siap menerima Anda apa adanya..

* Pertanda 7
Setiap orang pasti memiliki kekurangan, dan Anda tak malu-malu memperlihatkannya pada si dia. Bahkan pada saat Anda tampil 'buruk' di depannya sekalipun,misalnya saat Anda bangun tidur atau saat Anda sakit dan tak mandi selama dua hari.

* Pertanda 8
Bila Anda merasa rahasia Anda bisa lebih aman di tangannya daripada di tangan sahabat-sahabatAnda . Atau Anda merasa sudah tak bisa lagi menyimpan rahasia apapun darinya, maka berbahagialah! Karena ini bisa berarti pasangan sejati telah Anda temukan!

Apakah kedelapan pertanda di atas telah Anda temukan padanya?

Friday, April 20, 2007

Kopling



Fungsi kopling adalah meneruskan tenaga dari mesin ke persneling (transmisi). Maka sangat wajar bila kampas kopling motor habis terasa kurang tenaga meskipun sebenarnya mesin baik-baik saja. Output mesin akan terbuang sia-sia karena salah satu penyalurnya tidak berfungsi dengan baik.

Menurut Suwarno, Technical and Training Development Emergency Roadside Assistance (ERA), sebetulnya usia kanvas kopling cukup lama. Kendati begitu, banyak pengendara yang harus mengganti kanvas kopling jauh lebih cepat. Penyebabnya adalah style dan skill dalam berkendara: biasanya kasus seperti ini terjadi pada mereka yang terlalu sering dan lama menginjak setengah kopling

Ketika hendel kopling ditarik, kaitan antara mesin dan persneling akan terputus sehingga praktis output mesin tidak sampai ke penggerak roda. Digeber-geber pun laju kendaraan tidak akan berubah. Laju roda akan terpengaruh begitu kopling dilepas. Sebab, pada saat pedal kopling dilepas, plat penekan (matahari) akan menekan kanvas sehingga power dari mesin (melalui fly wheel) dapat bergerak menuju persneling.

Pada saat kopling ditekan setengah, maka tenaga dari mesin melalui fly wheel yang diteruskan ke persneling pun hanya setengah. Posisi kanvas juga setengah menghubungkan. Posisi inilah yang membuat terjadinya gesekan antara kanvas kopling - fly wheel - matahari. Gesekan-gesekan ini yang akan mempercepat tipisnya kanvas kopling.

Spesifikasi Honda Megapro



SPESIFIKASI

DIMENSI & BERAT

Panjang x Lebar x Tinggi ................. 2.020 x 740 x 1.056 mm
Jarak sumbu roda ......................... 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah .................. 140 mm
Berat kosong ............................. 109 kg

CHASIS & SUSPENSI

Tipe rangka .............................. Rangka pipa pola berlian
Tipe suspensi depan ...................... Garpu teleskopik dengan udara bertekanan
Tipe suspensi belakang ................... Lengan ayun, dapat disetel pada 5 posisi
Ukuran ban depan ......................... 2.75 - 18 42P
Ukuran ban belakang ...................... 3.00 - 18 47P
Rem depan ................................ Rem cakram hidraulis
Minyak rem ............................... Caltex Brake Fluid
Rem belakang ............................. Rem tromol

KAPASITAS

Kapasitas tangki bahan bakar ............. 12,4 liter ( cadangan 2,3 liter )
Kapasitas minyak pelumas ................. 0.9 liter pada penggantian periodik

MESIN

Tipe mesin ............................... 4 langkah,SOHC pendinginan udara
Susunan silinder ......................... satu silinder, sudut kemiringan 15°
Diameter x langkah ....................... 63,5 x 49,5 mm
Volume langkah ........................... 156 Cm3
Perbandingan kompresi .................... 9,0 : 1
Daya maksimum ............................ 13,8 PS / 8.500 RPM
Torsi maksimum ........................... 1,3 kgf.m / 6.500 RPM
Busi ..................................... X24EP-U9 (DENSO)
Penyetelan rantai mesin .................. Otomatis penuh dengan pegas Volut
Jenis rantai mesin ....................... Silent chain, jenis rantai gigi
Minyak pelumas mesin ..................... Federal Oil Superior Formulation
Kopling .................................. Basah, plat majemuk
Starter .................................. Pedal kickstarter

TRANSMISI

Gigi transmisi ........................... 5 kecepatan, bertautan tetap
Pola pengoperan gigi ..................... 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5

KELISTRIKANAlternator .................... Flywheel AC Generator, 0,11 kw/5000 menit-1
Batere ................................... 12 V 2,5 Ah
Sistem pengapian ......................... CDI, jenis DC

Aturan Touring Part 1



PERSIAPAN PRIBADI

Sebaiknya siapkan kondisi kendaraan dan juga fisik masing-masing karena waktu perjalanan cukup panjang. Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya makan dulu, minimal perut gak kosong.

Persiapan barang yang kudu dipersiapkan untuk individu :
- Pakaian yang adem dan nyaman. Jangan sampai di atas motor pakaian bikin risih, apalagi gatel-gatel wah gawat. Karena perjalanan malam, baiknya gunakan body rotector yang dipasang di-dada, banyak dijual di pinggir jalan, kalo ngga ada, bisa juga pake lapisan koran beberapa lembar.
- Jaket, pakai jaket yang pas badan, jangan yang berkibar-kibar. Hal ini dapat mempengaruhi hambatan angin yang ditimbulkan, dan mempengaruhi kecepatan.
- Jas Hujan, karena lagi musim hujan pastikan dibawa, kalo bawa bonjengers bawa jas ujan dua, jangan yang nyetir aja, kasian yg belakang ntar masuk angin. Sebaiknya pilih jas hujan model terpisah antara baju dengan celana, jangan yang model ponco. kalo perlu malah sekalian penutup sepatunya (Gaiters), bisa dibeli di toko-toko adventurer.
- Sarung tangan, yang bagus dari bahan kulit, tapi tidak kaku jadi handling grip-nya masih kerasa.
- Sepatu, pilih yang modelnya sangat nyaman dengan kaki kita, jangan kesempitan. Sebaiknya pilih yang modelnya menutupi mata kaki kita. Kalo gak ada minimal pake sepatu model sneaker (sepatu kets).
- Tas Ransel, taruh barang-barang dalam tas ransel, jangan pake tas travel, repot!
- Kacamata hitam, jangan lupa. Biar gak silau kalau jalan di siang bolong!
- Helm, sebaiknya gunakan yang model full-face, atau paling ngga helm yang dapat menutupi sampai ke telingga kita. Jangan pake model helm cetok yang biasa dipake kalo JJS (jalan jalan sore) di komplek/kampung, itu mah ngga aman untuk kepala kita. Sayang kepala deh!
- Surat surat kendaraan, seperti SIM, STNK dan KTP, siapa tau ada pemeriksaan dijalan, kalo ngga lengkap bisa mengganggu perjalanan lainnya.
- Duit secukupnya.
- Obat-obatan pribadi. Buat yang punya penyakit khusus bawa obat masing-masing. Yang juga penting bawa doping alias vitamin agar stamina tetap terjaga, minum satu sebelum berangkat.
- Tools motor yang cukup. Untuk motor yang agak rewel bawa moving parts yang kira-kira akan bikin rewel di jalan apalagi kalo dah dimodif, rewelnya suka aneh-aneh. Ingetin penyakit-penyakit motor yang biasanya,dan bawa parts cadangannya. Jangan terlalu mengandalkan pada logistik.

KESIAPAN MOTOR
Untuk kesiapan kendaraan, jangan lupa untuk memastikan bahwa kendaraan yang kita bawa dalam keadaan sehat atau laik jalan jauh. Yang sebaiknya harus diperiksa :
- Olie mesin, cepat ganti apabila sudah lewat batas KM-nya.
- Minyak Rem.
- Kanvas Rem
- Kekencangan/kerenggangan rantai motor
- Kopling, kalo selah kopling dirasa sangat berat, coba cek lagi.
- Ban, kalo udah gundul,mendingan mikir dulu deh, apalagi jika sedang musim hujan.
- Cek kondisi lampu-lampu kendaraan, terutama lapu depan (head lamp), lampu belakang, lampu sein.
Ada baiknya untuk memeriksakan kondisi kendaraan/motor langsung ke bengkel kepercayaan, yah sekalian tune-up lah, biar dijalan dapet jalan dengan baik dan tenang.

Ayahanda Bro Juned Meninggal


Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

Telah berpulang ke Rahmatullah ayahanda dari Bro Juned 5 - 031 pada hari kamis tanggal 19 april 2007 pukul 21.30 WIB di kediaman Bro Juned.

All Anggota HMPC Chapter Bekasi turut berduka cita atas berita duka ini. kepada All anggota yang berminat untuk berbelasungkawa ke rumah duka dapat berkumpul di Base camp pada :

Hari/tanggal : Jumat/20 April 2007
pukul : 09.00 WIB

Semoga kepada Bro Juned sekeluarga diberikan ketabahan dalam menghadapi keadaan ini, serta semoga ayahanda bro juned diterima disisiNya.

Amin






Thursday, April 19, 2007

Pengurus HMPC Chapter Bekasi


Pada hari Minggu tanggal 11 Februari 2007 bertempat di kediaman Bro Rudi telah diadakan rapat all Anggota HMPC Chapter Bekasi yang membuahkan hasil sbb:

Susunan Pengurus HMPC Chapter Bekasi

KETUA : Jo Febry
WAKIL KETUA : Rudi
SEKRETARIS : Anton
BENDAHARA : Koko, Slamet
DIVISI ANGGOTA : Bang Toyib (Koord), Dyka, Dede, Yahmin
DIVISI USAHA : Pak Yudi (Koord), Wandi, Gegot, Muis
DIVISI TOURING : Aji Asri (Koord), Eko bayu, Eko Black, Aji Bond
DIVISI ACARA : Nana (Koord), Fizki, Dito, Iyud
DIVISI HUMAS : Afri (Koord), Ali, Ristiono, Hariono
Provoost : Poy (Koord), Pak Yudi

Selain terbentuknya susunan pengurus yang baru, telah dilaksanakan pula pembahasan mengenai job description masing - masing divisi guna memperlancar koordinasi antar sesama baik dari pihak intern maupun ekstern HMPC Chapter Bekasi..

Keep Rolling Bro...

Tempat Kopdar HMPC



Jakarta

Basecamp: sebrang TMP kalibata. sekretariat : Jl. Catur no. 2 B Jakarta Selatan 12870 belakang mustika ratu bidakara Telp : 08128260332 (Bro Kirman div Acara) 08561198569 (Zerry Div. acara) divisi anggota hub : Bro Ari Gondhes no. hp: 08159795891 dan Bro Tomo 081514192991 Kopdar: Setiap Jumat malam jam 19.00 s/d selesai

Semarang

Basecamp: Jl. Pahlawan (Depan PERHUTANI) Simpang Lima, Kopdar: Setiap Sabtu jam 20.00 s/d selesai

Bandung

Basecamp: Seberang Bank BNP Dago, Kopdar: Setiap hari Sabtu jam 20.00 s/d selesai

Sidoarjo

Basecamp: Jl. A Yani no 29 (Depan BANK JATIM). Alun2 sidoarjo, Kopdar: Setiap sabtu malam jam 21:30 - selesai

Bekasi

Basecamp: Samping Islamic Center (Ruko) atau Depan Kompleks Perkantoran Sun City Square, Kopdar: Setiap Sabtu malam jam 20.00 s/d selesai Contact Person : Dede Satibi ( 0813 1653 0710 )

Tangerang

Basecamp: Jl. Raya Serpong km.8 depan ruko Columbia, Depan Mall Serpong (Samping Dealer Yamaha) Kopdar: Setiap Sabtu malam Minggu jam 20.00 s/d selesai Contact Person : Yoes (0813 111 84 565), Edwin (0812 952 4095)

Depok

Basecamp: Samping Restaurant Sarimande, sebrang AHASS MURNI, Kopdar: Setiap Sabtu jam 19.00 s/d selesai

Cikarang

Basecamp: Jl. Industri Raya Pasir Gombong (Bengkel Klakson Ahmad) atau Ruko Depan POM Bensin Jababeka Cikarang

Bogor

Basecamp: Parkiran PitStop sebrang Tugu Kujang, Kopdar: Setiap hari Sabtu jam 16.00 s/d selesai

Jambi

Contact Person: Deni [ketchap] 0852 - 6621 0905

Palembang

Contact person utk Embrio Chapter palembang : Bro Otten : 0813 - 2255 4484

Karawang

Basecamp: Depan GOR Panatayuda Contact Person : Iman [0812 9999 614] Fery Edi [0812 8906 472] Teguh [0813 1547 9630]

Lampung

Base Camp : Depan Toyota Astra, Jl. Raden Inten - Tanjung Karang - Bdr Lampung. Kopdar tiap Malam Minggu 20.00 WIB - selesai.

Cirebon

Base Camp : Jl Setrayasa Pilang Cirebon (deket SMU AL Azhar) Contact person : Danang [0812 - 221 9262]

Sumedang

Basecamp: Parkiran Jatinangor town Square (JATOS) Contact person : Romi [0819 - 3130 4632] atau Awe [0856 2455 8207]

Launching Honda Revo



Diberitahukan kepada All Anggota Chapter Bekasi diharapkan kedatangannya pada acara Launching Honda Revo yang akan dilaksanakan pada :

Hari : Sabtu

Tanggal : 21 April 2007

Tempat : Studio 1 Trans7

pukul : 16.00 s.d selesai

Sebelum melakukan perjalanan, All anggota diharapkan hadir di Basecamp Bekasi tercinta pada pukul 14.00 WIB dengan menggunakan atribut lengkap

Demikian pemberitahuan ini.
Thanks

ID Card HMPC Bekasi


Setelah melakukan musyawarah bersama pengurus lainnya mengenai ID Card HMPC Chapter Bekasi, hasilnya adalah:

1. kartu keanggotaan ( ID Card ) hanya untuk anggota HMPC chapter Bekasi

2. kartu keanggotaan ( ID Card ) berlaku selama 1 tahun

3. kartu keanggotaan ( ID Card ) wajib dibawa setiap kopdar sebagai tanda absensi anggota

4. kartu keanggotaan ( ID Card ) wajib dibawa apabila ada kegiatan / event baik yang diselenggarakan oleh HMPC chapter Bekasi ataupun pihak luar yang mengundang HMPC chapter Bekasi.

Demikian hasil musyawarah pengurus HMPC Chapter Bekasi. Kepada Anggota lainnya agar mematuhi ketentuan diatas.

Thanks

Anggota Baru Turjib IV


akhirnya kami (HMPC Chapter Bekasi) telah melantik anggota baru yang berjumlah 6 orang..

adapun ke 6 orang tersebut sbb:

1. Nomor Anggota : 063
Nama : Kurnia Akbar
Nomor Polisi : B 7603 YM

2. Nomor Anggota : 064
Nama : M. Yusrizal (nunu)
Nomor Polisi : B 6728 KHZ

3. Nomor Anggota : 065
Nama : Maesa (eca)
Nomor Polisi : B 6393 THM

4. Nomor Anggota : 066
Nama : Pandu
Nomor Polisi : B 3643 XV

5. Nomor Anggota : 067
Nama : Patti Nur Islami
Nomor Polisi : B 6839 UEY

6. Nomor Anggota : 068
Nama : Aris Suherman
Nomor Polisi : B 6575 KHT

untuk rute perjalanan kami berangkat pada hari jumat dari Base camp sekitar pukul 21.30 lalu melakukan sowan ke HMPC chapter Jakarta yang kebetulan kopdar dihari tersebut...

setelah sampai di Kalibata, kami disambut oleh bro2 and sis disana dengan penuh suasana kekeluargaan..

selanjutnya kami melakukan perjalanan ke HMPC chapter Depok dan Bogor akan tetapi kami tidak sempat bertemu dengan bro2 disana karena mungkin mereka ada kesibukan yang menyebabkan tidak sempatnya kami bertemu dengan mereka..

tak lupa kami ucapkan terimakasih yang sangat besar kepada Bro Bonsay dan Bro Inyonk + Bro Topik (HMPC Chapter Jakarta) yang bersedia menemani kami dalam melaksanakan Turjib IV kali ini.


Thanks..

Bravo HMPC....

Musyawarah Nasional HMPC


Dear Brothers n Sisters anggota HMPC tercinta,

Untuk Musyawarah Nasional HMPC rencananya akan diadakan pada :

Hari/ Tanggal : Sabtu, 30 Juni 2007 dan Minggu, 1 Juli 2007
Tempat : PUSDIKLATPOS Bandung
Jl. Gegerkalong, Bandung
Acara :
- Pembahasan AD/ART
- Pembahasan HMPCI
- Pemilihan Ketua Umum HMPC yang baru

Untuk detil acara dan teknis pemilihan akan disampaikan oleh Panpel MUNAS HMPC.

Ketua Umum
Honda MegaPro Club,



Harry
BDO-002