Tuesday, May 29, 2007

Cara Menghitung Kompresi Rasio (english Version)

The calculation of compression ratios (C.R.) is based on the following formula:

Compression ratio= (Swept Vol. + TDC Vol.) divided by TDC Vol. Swept Vol.= (3.1416 x Bore Dia. x Bore Dia. x Stroke) divided by four.

T.D.C. Vol.= Head vol. + gasket vol. + deck vol. + dish/dome vol.

Head Vol. is published or measured in cubic centimeters (cc).

Gasket Vol.= (3.1416 x Gasket Bore x Gasket Bore x Compressed Gasket Thickness) divided by four.

Deck Vol.= (3.1416 x Bore Dia. x Bore Dia. x Deck Clearance) divided by four.

Dish/Dome Vol. is published or measured in cc's.

NOTE: Any volume below the piston compression height is a positive value and any volume above the piston compression height is a minus value.

DIMENSIONS: When calculating use cubic centimeters or cubic inches but do not mix them. The following conversions are listed: 1 inch = 2.54 centimeters .061 cubic inch = 1 cubic centimeter (cc) 1 cubic inch = 16.387 cubic centimeters.



EXAMPLE: Find C.R. for a Chevy 350 using KB120 .030 pistons:

Head Vol.= 76cc = 76 x .061 = 4.636 cubic inches.
Dish/Dome Vol. = 7cc = 7 x .061 = .427 cubic inches.
Gasket Thickness = .035".
Gasket Bore Dia = 4.166".
Deck Clearance = .005".
Deck Vol. = (3.1416 x 4.03" x 4.03" x .005") divided by four =.064 cubic inches.
Gasket Vol. = (3.1416 x 4.166" x 4.166" x .035") divided by four =.477 cubic inches.
Swept Vol. = (3.1416 x 4.03" x 4.03" x 3.48") divided by four =44.389 cubic inches.
TDC Vol. = 4.636 + .427 + .064 + .477 = 5.604 cubic inches.

COMPRESSION RATIO = (44.389 + 5.604) divided by 5.604 = 8.92.

Friday, May 25, 2007

Karakter seseorang berdasarkan kentutnya

1..Orang TIDAK JUJUR,Orang yg kalo kentut lalu menyalahkan yg lain.
2..Orang GOBLOG,Orang yg menahan kentutnya sampai berjam jam.
3..Orang BERWAWASAN LUAS,Orang yg tau kapan harus kentut.
4..Orang SENGSARA,Orang yg ingin kentut tapi nga' bisa kentut.
5..Orang MISTERIUS,Orang yg kalo kentut,Orang lain tidak ada yg tau.
6..Orang YG PERCAYA DIRI,Orang yg selalu mengira kalo kentutnya bau harum.
7..Orang PEMALU,Orang yg kalo kentut tidak bunyi,tapi merasa malu sendiri.
8..Orang PELIT,Orang yg kalo kentut dikeluarkan dikit dikit,sampai bunyi PUT-PUT-PUT.
9..Orang BODOH,Orang yg kalo abis kentut menghirup nafas untuk mengganti kentutnya yg keluar.
10..Orang SOMBONG,Orang yg sering mencium kentutnya sendiri.
11..Orang STRATEGIS,Orang yg menyembunyikan kentutnya dengan tertawa terbahak2 biar orang lain tidak dengar.
12..Orang RAMAH.Orang yg senang menghirup kentutnya orang lain.
13..Orang yg tidak senang BERGAUL,Orang yg kalo kentut berbunyi.
14..Orang AKUANTIK,Orang kalo kentut didlm air sampai bunyi" BLUKUTHU~BLUKUTHU~
15..Orang ATLETIS,Orang kalo kentut sambil mengeluarkan tenaga.
16..Orang JUJUR,Orang yg mengaku kalo abiz kentut.
17..Orang PINTER,Orang yg bisa menandai bau kentutnya orang lain.
18..Orang GUGUP,Orang yg tiba tiba menahan kentutnya saat lagi kentut.
19..Orang SADIS,Orang yg kentut diranjang terus dikibaskan sepreinya keranjang orang lain.
20..Orang APES,Orang kalo kentut keikutan AMPAS nya... hahahahahaha

Tuesday, May 22, 2007

Fungsi dan Peranan penting minyak rem

Minyak rem kendaraan mempunyai tanggung jawab yang berat. Pada sistem pengereman kendaraan digunakan tenaga hidrolik yang diaktifkan oleh silinder master untuk menghentikan putaran keempat roda, baik dengan menekan tromol atau menjepit cakram. Tenaga hidrolik ini disalurkan ke semua sistem rem melalui minyak rem. Penggunaan minyak rem sebagai penyalur tenaga hidrolik tak lain karena mempunyai sifat seperti fluida (cairan) dalam sistem tertutup lainnya, cara kerjanya seperti dalam bejana berhubungan. Kerja sistem rem dari master silinder ke piston mentransfer energi mekanis dapat menghasilkan panas dari gesekan minyak rem dengan permukaan salurannya. Dengan demikian minyak rem harus memiliki spesifikasi khusus terhadap perubahan suhu, seperti titik didih dan sifatnya yang tidak berubah drastis pada suhu tinggi. Perlindungan terhadap karat dan melumasi komponen sistem rem merupakan bagian dari tugas minyak rem lainnya.

Meski menggunakan kata ‘minyak’ namun perlu diingat, minyak rem sangat berbeda proses pembuatannya dengan minyak bumi ataupun pelumas.

Terdapat dua macam minyak rem yang umum digunakan oleh dunia otomotif yakni mengandung Polyalkylene Glycol Ether dan Silikon atau Polymer berbasis Silicium. Tetapi minyak rem yang berbahan dasar Polyalklene Glycol Ether lebih popular termasuk dalam dunia racing. Bahan kimia sebagai bahan dasar minyak rem ini serupa dengan bahan anti beku pada radiator coolant (ethylene glicol). Bahan dasar ini termasuk bahan beracun dan perlu seratus tahun bagi alam untuk menguraikannya.

Selain itu minyak rem diklasifikasikan dalam empat kategori: yakni DOT3, DOT4, DOT5.1 dan DOT5. Untuk informasi, DOT merupakan singkatan dari Departement Of Transportation (USA) yang menentukan tingkat spesifikasi minyak rem, semakin tinggi angka yang mengikuti kata DOT berarti pula semakin tinggi titik didihnya.



DOT5

Minyak rem berspesifikasi DOT5 berbahan dasar silikon. Minyak rem ini umumnya digunakan pada kendaraan militer, seperti pada kendaraan tempur angkatan bersenjata Amerika Serikat. Alasannya silikon tak merusak cat permukaan luar kendaraan, hal yang penting dalam penyamaran. DOT5 pun biasanya digunakan oleh show car, ataupun kendaraan yang akan lebih banyak disimpan di garasi, seperti kendaraan klasik.

DOT5 mampu dapat bekerja pada tekanan relatif tinggi namun tidak mempunyai daya lumas yang baik (gesekannya terlalu besar). Karena gesekan antara minyak rem dan salurannya maka membuat pengendara mesti menekan pedal rem lebih kuat agar sistem rem bekerja. Kondisi seperti ini biasa diistilahkan sebagai ‘rem keras’ atau ‘bagel’.

Silikon adalah cairan yang tidak menyerap air (non-hydroscopic), sehingga sifat dan kemampuan silikon stabil pada suhu tinggi. Air pada sistem rem akan membuat titik didih menurun, otomatis berpengaruh pada penurunan kemampuan sistem rem. Seperti diketahui, air akan mendidih pada 100 derajat Celcius, uap air yang timbul karena pemanasan sistem akan membuat vapor lock (resistansi) pada saluran rem. Akibatnya, rem menjadi ‘blong’.



DOT3, DOT4, dan DOT5.1

Minyak rem berspesifikasi DOT3,4 dan 5.1 mengandung Polyglycol ethers yang hydroscopic, artinya mempunyai sifat menyerap air. Bila dicampur/tercampur air, minyak rem tersebut tetap berwujud sama sekalipun sifatnya sudah berubah. Polyglycol hanya berkemampuan setengah silikon dalam menerima tekanan. Hal ini membuat pedal rem terasa tak ‘sekeras’ sistem rem yang menggunakan DOT5.

Untuk mobil racing, dry boiling point menjadi penting. Karena sifat ketiganya yang hydroscopic yang bisa menyebabkan vapor lock, maka untuk itulah para pembalap biasa mengganti minyak rem sebelum iven, tak lain agar performa minyak rem primaa. Sebab saat balap, sistem rem bekerja keras, tak jarang cakram rem sering terlihat merah membara. Meski air akan membuat titik didih minyak rem menurun, namun hal tersebut tidak menjadi isu penting dalam kendaraan harian. Karena setelah pemakaian beberapa bulan, performa minyak rem kemungkinan hanya mendekati titik didih ‘wet’ saja. Tetapi perlu diperhatikan adalah kelembaban udara sebab termasuk faktor yang mempercepat penurunan performa.



Titik Didih

Umumnya pada kemasan minyak rem akan dicantumkan Wet dan Dry Boiling Point. Istilah boiling point atau titik didih menunjukkan suhu di mana cairan mendidih. Pada kondisi ini minyak rem akan mulai menguap sesuai dengan titik didihnya. Wet boiling point adalah titik didih minyak rem yang mengandung air sebanyak 3 % volume. Sedangkan dry boiling point adalah titik didih minyak rem tanpa baru atau belum terkontaminasi air.



Penggantian Minyak Rem

Minyak rem perlu diganti karena dua alasan, demi perawatan dan performa. Perawatan, mengganti minyak rem lama otomatis akan membuang air dan kotoran dari sistem rem. Minyak rem lama harus dibilas sebab air yang diserapnya bisa menyebabkan karat pada kaliper dan piston rem. Maka gantilah minyak rem secara menyeluruh, setidaknya setiap 50.000 km.

Performa, memakai minyak rem baru tentu membuat sistem rem kembali bekerja optimal sehingga aman untuk pengereman berat. Air atau uap air dapat ditemukan hampir pada semua sistem rem. Uap air memasuki sistem melalui banyak jalan. Umumnya uap air masuk ke minyak rem yang kemasannya terbuka. Perlu diingat minyak rem mampu menyerap uap air dari lingkungan karena kelembaban di wilayah tropis mencapai lebih dari 60 %. Untuk itu kemasan minyak rem sebaik ditutup dengan kuat, atau disil, jika akan disimpan untuk waktu yang lama.

Gunakan minyak rem dalam kemasan yang lebih kecil untuk penambahan.

Ketika mengganti atau bleeding minyak rem, segera tutup kembali tabung silinder master rem. Air dapat pula terbentuk dalam saluran dan kaliper akibat kondensasi. Air hasil kondensasi ini menyebabkan sistem rem jadi lebih keras ataupun memungkinkan untuk terjadinya karat.

Difusi adalah jalan lain uap air memasuki sistem, akibat selang karet yang menggetas menimbulkan pori-pori mikroskopik. Penggunaan selang yang terbuat dari bahan EPDM (Ethlene-Propylene-Diene-Materials) dapat mengurangi difusi. Atau penggunaan selang teflon yang dibungkus anyaman kawat termasuk salah satu cara mengurangi difusi.

Pada kondisi darurat, pencampuran minyak rem bermerek beda namun berspesifikasi sama, dapat dilakukan. Namun, sebaiknya harus segera diganti karena pada dasarnya kita tidak mengetahui secara spesifik bahan dari masing-masing merek tersebut. Jangan pernah mencampur minyak rem berbahan dasar glikol (DOT3, 4, 5.1) dengan minyak rem berbahan dasar silikon (DOT5) karena tidak akan pernah bisa bercampur. Baca buku pedoman penggunaan kendaraan Anda secara seksama tentang pemakaian/penggantian minyak rem.



Titik didih minimum minyak rem yang disyaratkan


DOT 3 DOT 4 DOT 5 DOT 5.1

Dry boiling point 205 ºC 230 ºC 260 ºC 270 ºC
Wet boiling point 140 ºC 155 ºC 180 ºC 191 ºC

Minyak rem berspesifikasi DOT3, DOT4 dan DOT5.1 berbahan dasar glikol, sedangkan DOT 5 silikon.




BAHAYA DOT5

Minyak rem berspesifikasi DOT5 berbahan silikon mempunyai titik didih lebih tinggi daripada DOT3-4. Selain itu minyak rem ini tidak hidroskopis. Selain itu silikon tidak mempunyai daya lumas seperti glikol sehingga tidak cocok untuk mobil yang dilengkapi dengan ABS. Distributor/rotor ABS memerlukan pelumasan yang tidak diakomodasi oleh silikon pada DOT5.



Mengandung Air Dan Gram

Dari hasil penelitian mobilmotor terhadap suatu minyak rem pada sebuah mobil yang sudah digunakan sekitar 100 ribu km, menunjukkan wet boiling point minyak rem tersebut 142 ºC. Sayangnya, pemilik kendaraan tersebut tak tahu merek minyak rem yang digunakan dan spesifikasinya. Tetapi yang jelas bahan dasarnya adalah glikol. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa dalam setiap 100 ml minyak rem bekas tersebut mengandung 4,4 ml air atau berkisar 4,4 %. Padahal, standar wet boiling point hanya memperkenankan air sebesar 3 % per volume. Hal lain yang mengejutkan adalah terdapat endapan seberat 0,2 gram yang terkandung pada setiap 20 ml. Bisa dibayangkan berapa banyak endapan yang terdapat di saluran pengereman mobil itu.

Endapan didapat dari hasil pemanasan minyak rem bekas hingga mendidih, agar minyak dan molekul lain mudah dipisahkan. Minyak ‘masak’ kemudian disaring dengan kertas saring ashless. Maka jangan heran jika saat Anda membongkar kaliper rem dan piston, tak jarang endapan dalam bentuk lumpur akan terdapat di sana. Karena perangkat tersebut merupakan bagian yang dekat menerima panas saat rem bekerja. Endapan dan air pada minyak rem yang telah digunakan lama dapat merusak sistem pengereman mobil Anda tentunya. Dampak utamanya terhadap master rem mobil, selain karat yang disebabkan kandungan air, silinder juga akan luka akibat gesekan yang ditimbulkan gram. Jadi untuk mencegah hal itu terjadi sebaiknya ganti minyak rem anda setiap 50.000 km. Pastinya lebih murah ketimbang mengganti master rem, dan aman.



VARIASI SUHU KERJA

mobilmotor juga melakukan penelitian terhadap suhu cakram rem saat beroperasi. Kendaraan yang menjadi obyek terdiri dari berbagai jenis, merek dan kondisi. Mobil-mobil tersebut baru saja berhenti di traffic light di perempatan Gadog, Ciawi dari arah Puncak. Hasilnya, rem cakram mobil-mobil tersebut menunjukkan suhu antara 70º -120º Celcius.


Uji Coba Berbagai Merk Minyak Rem

Berdasarkan uji coba yang dilakukan mobimotor.com, hasil yang diperoleh STP memiliki nilai paling tinggi. Penilaian tersebut diambil dari perhitungan dry dan wet boiling point, harga, dan kemudahan untuk mendapatkan barang tersebut. Meskipun pada hasil test ditunjukkan STP dengan Prestone memiliki jumlah bintang yang sama. Namun, nilai pembobotan lebih tinggi didapat oleh STP, karena harganya lebih murah per ml.


Merek : STP

Spesifikasi : DOT3

Kemasan : 300 ml

Harga : Rp 11.000,-

Dry boiling point : 256 ºC

Wet boiling point : 170 ºC


****

Merek : Prestone

Spesifikasi : DOT3

Kemasan : 300 ml

Harga : Rp 12.000,-

Dry boiling point : 252 ºC

Wet boiling point : 174 ºC


****


Merek : Jumbo

Spesifikasi : DOT3

Kemasan : 300 ml

Harga : Rp 9.000,-

Dry boiling point : 234 ºC

Wet boiling point : 176 ºC


***


Merek : Shell

Spesifikasi : DOT3

Kemasan : 300 ml

Harga : Rp 15.000,-

Dry boiling point : 252 ºC

Wet boiling point : 154 ºC

**

Merek : Toyota

Spesifikasi : DOT3

Kemasan : 350 ml

Harga : Rp 22.000,-

Dry boiling point : 256 ºC

Wet boiling point : 168 ºC


***


Merek : Caltex

Spesifikasi : DOT3

Kemasan : 500 ml

Harga : Rp 26.000,-

Dry boiling point : 240 ºC

Wet boiling point : 172 ºC


***

Merek : Seiken

Spesifikasi : DOT3

Kemasan : 300 ml

Harga : Rp 13.500,-

Dry boiling point : 236 ºC

Wet boiling point : 156 ºC


**

Merek : Castrol

Spesifikasi : DOT3

Kemasan : 500 ml

Harga : Rp 29.500,-

Dry boiling point : 238 ºC

Wet boiling point : 168 ºC

**

Merek : Seiken

Spesifikasi : DOT4

Kemasan : 300 ml

Harga : Rp 25.000,-

Dry boiling point : 268 ºC

Wet boiling point : 176 ºC

***

Merek : Prestone

Spesifikasi : DOT4

Kemasan : 300 ml

Harga : Rp 19.800,-

Dry boiling point : 262 ºC

Wet boiling point : 162 ºC


***

Merek : Mercedes

Spesifikasi : DOT4

Kemasan : 500 ml

Harga : Rp 65.000,-

Dry boiling point : 259 ºC

Wet boiling point : 178 ºC

**

Merek : Motul

Spesifikasi : DOT5.1

Kemasan : 500 ml

Harga : Rp 65.900,-

Dry boiling point : 274 ºC

Wet boiling point : 186 ºC


Sumber : http://www.mobilmotor.co.id

Wednesday, May 16, 2007

Membebaskan Diri dari Obsesi Menikah



Setelah menyelesaikan kuliah S2 nya di Australia, Becky (29) memutuskan untuk bekerja di Indonesia dan melanjutkan salah satu "tujuan hidupnya" yaitu mencari suami. Namun pencariannya ternyata tidak mudah, akhirnya ia menerima cinta teman sekantornya meski sebenarnya tidak ada kecocokan di antara mereka.

Tidak mengherankan kalau hubungan mereka dipenuhi pertengkaran, tapi Becky tetap bertahan sambil berharap kekasihnya itu segera melamar. Sang kekasih akhirnya melamar, tapi bukan ke Becky, melainkan wanita lain yang selama ini juga dikencaninya.

Mungkin kita akan bertanya-tanya, mengapa seorang wanita berpendidikan tinggi seperti Becky mau melakukan hal bodoh dengan menghabiskan waktu dengan seseorang yang salah. Masih banyak Becky lain di sekitar kita, meski dunia semakin canggih, tetap saja menikah masih menjadi tujuan hidup banyak orang. Sebenarnya apa yang menjadi motivasi orang-orang yang terobsesi untuk menikah?

Yuk, simak uraian berikut :

1. Sindrom "Tidak Bisa Hidup Sendiri"
Banyak orang yang memutuskan menikah dengan pasangannya karena merasa tidak bisa hidup tanpa pasangannya. Akibatnya terjadi semacam shock di awal pernikahan. Menurut Mary Jo Fay, konsultan di situs helpfromsurvivor.com, jika Anda memiliki sindrom tersebut, ingatlah bahwa orangtua Anda telah mengurus Anda dengan baik, berpikirlah dua kali karena berada di bawah "asuhan" pasangan yang sebenarnya tidak cocok hanya akan membawa Anda dalam hubungan yang tidak sehat.

2. Target hidup
Biasanya orang, khususnya perempuan, selalu menetapkan target pencapaian berdasarkan umur, dan dibuat sangat spesifik. Misalnya menikah di usia 25,punya anak paling lambat 27 tahun. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa psikolog, sebenarnya perempuan, sama halnya dengan pria juga takut untuk berkomitmen, tetapi "target-target" tadi menekan mereka. Semakin dewasa dan makin luasnya wawasan, biasanya mereka akan melupakan target tadi. Bukankah lebih baik menunda pernikahan daripada terperangkap dengan orang yang salah ?

3. Lingkungan dan Keluarga
Hidup dalam masyarakat yang ikatan kekeluargaannya masih kuat seperti di Indonesia tidak selalu enak. Salah satunya adalah tuntutan dan desakan dari keluarga besar jika ada salah satu anggota keluarga yang belum menikah. Ada sebagian keluarga yang menganggap bercerai masih lebih baik "ketimbang" tidak menikah sama sekali. Usia 30 tahun adalah angka keramat, jika sampai usia tersebut seseorang belum menikah dan tidak ada tanda-tanda menjalin hubungan serius, orang akan berpikir apakah ada yang salah dengan orang tersebut.

4. Uang
Biasanya terjadi pada wanita. Desakan ekonomi ternyata menjadi salah satu alasan sebagian perempuan untuk menikah. Memiliki suami kaya raya, hidup enak tanpa perlu bekerja keras masih menjadi impian. Banyak pula yang akhirnya bercerai ketika usia perkawinan mereka belum berjalan 5 tahun.

Pati (35)seorang ibu satu anak dan sudah bercerai di usia 29 tahun, membagi pengalamannya :
"Meski mantan suami saya berasal dari keluarga kaya, tetapi sejak tahun lalu ia berhenti memberi tunjangan pada anak kami. Sekarang saya melanjutkan kuliah dan bekerja keras membesarkan anak saya, kelak ketika ia akan menikah saya akan memastikan ia menikah karena cinta, bukan uang".

5. Membuat deadline kapan menikah
Membuat deadline kapan kita akan menikah sah-sah saja, tergantung apa motivasi yang melatar belakanginya. Dengan adanya deadline kita akan bekerja keras untuk mencapai tujuan, asalkan bukan menikah hanya untuk melengkapi tujuan.


LEBIH BAIK...

Tahu apa yang dicari
Tanyalah pada diri sendiri ; bagaimana kita ingin menjalani hidup ? dengan siapa ? di mana ? setelah semua pertanyaan itu terjawab, siapa tahu Anda akan sadar kalau selama ini hanya membuang waktu karena berhubungan dengan orang yang salah.

Hargai target pasangan
Jika sekarang Anda sudah menemukan the right person tetapi ia belum ingin menikah, bersabarlah. Pernikahan bisa terjadi jika dua belah pihak sudah siap bukan ?

DON'T...

Menikah menjadi tujuan hidup
Lebih baik menunda atau bahkan menolak lamaran jika hati kecil kita mengatakan tidak, daripada menghabiskan hidup tanpa rasa bahagia. Masih ingat kisah Becky di atas bukan ? karena obsesinya untuk menikah ia jadi "gelap mata" dengan menjalin hubungan dengan pria yang salah.

Semua dijadikan beban
Mari kita andaikan deadline Anda telah lewat dan Anda masih juga melajang. Atau misalnya Anda telah menjalin hubungan dengan seorang pria /wanita yang baik tetapi he or she's not the one, dan Anda merasa kesal karena merasa membuang waktu dengannya. Sebenarnya tidak ada yang sia-sia, jadikan pengalaman itu sebagai pelajaran. Itu yang disebut dewasa. Tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman hidup dari kesalahan yang pernah kita buat, karena dari situ kita justru bisa memilih orang yang lebih baik.

Lupa bersyukur
Seringkali kita jadi kecewa dan merasa jadi orang yang paling tidak berbahagia dan hidupnya tidak lengkap karena masih melajang. Kita jadi lupa kalau kita dikelilingi orang-orang yang sayang dan perhatian ; keluarga, sahabat, teman-teman. Ibarat pepatah, karena nila setitik rusak susu sebelangga.

Seseorang yang percaya bahwa dirinya tetap manusia yang utuh meski belum memiliki pasangan, serta menikmati hidup dan membaginya dengan orang lain telah terbukti akan memiliki perasaan yang kuat dan biasanya kelak memiliki hubungan yang sehat dan menyenangkan dengan pasangannya. Biarkan semua mengalir dengan wajar, tak ada yang perlu dikejar. Selama kita tetap membuka diri untuk bertemu banyak orang, seseorang yang tepat & istimewa akan datang pada saat yang tepat.

So, think carefully before getting married friends, and dont worry hidup, mati ma jodoh manusia pan udah diatur...akuuurrr....

yang ragu2 nikah gara2 materi


Seorang temenku pernah bertanya
"eh, kalo gw nikah tapi dengan gaji gw yang cuma Rp#### bisa ga ya?

hmmm.....

Maka dari pertanyaan itu aku membuat survey asal, dan berikut adalah daftar pengeluaran standar bulanan setelah merit Sekedar berbagi aja, buat temen2 yang mungkin juga mengalami 'Matery after merit phobia syndhrome'


Daftar anggaran bulanan (asumsi disusun berdasarkan skala proritas,disusun dengan sangat2 relatif, dan berdasarkan basic needs standar menengah ke bawah)

1. Makan

Dengan asumsi sekali makan adalah 5000 Maka makan 3x sehari,kali 2 orang (karena lagu sepiring berdua Cuma berlaku pada saat pacaran ajah), kali 30 hari adalah Rp900.000

Tips
Rajin2 ke kondangan atau sunatan, dan bawa pulang nasi kotaknya Pasti lebih ngirit

2.Kontrakan

Dengan asumsi masih ngontrak di rumah petak, yang punya uda botak, tapi masih galak, dan punya anjing belum jinak Maka dana untuk kontrakan sekitar 500.000/bulan

Tips
Tinggallah di Pondok Mertua Indah Niscaya 2 dana diatas gak akan pernah ada Di pondok mertua indah, anda akan bebas makan apa aja, termasuk 'makan ati' (^__^)

3. Listrik dan Air

Dengan asumsi daya listrik 900 watt dan pake jetpam maka anggaran untuk listrik adalah 100.000/bulan

Tips
Jangan pake AC, cukup AC (angin cendela) Jangan suka main Plestesyen, cukup main monopoli,sudamanda atau gaple ama istri terasa lebih romantis

4. Transportasi

Dengan asumsi naik motor ke kantor, dengan motor yang paling irit rit rit, maka untuk ongkos bensin dan servis adalah 100.000

Tips
Gunakanlah Bensin campur! (maksudnyah campur dorong, pasti lebih irit) Atau ikutlah "Nebeng Fans Club", dengan alasan mempererat silaturahmi dengan yang ditebengi maka perjalanan berangkat dan pulang kantor akan terasa lebih menyenangkan

5. Komunikasi

Dengan asumsi pake cdma yang 1000/menit maka untuk sebulan, ongkos komunikasi berdua adalah 100.000

Tips
Pakelah 'FREN' yang lebih murah (maksudnya kalo mau nelpon atau sms tinggal bilang "Freeen...minjam HP nya dong freen...")

6. Keperluan sehari2

Seperti sabun,odol,syampu, dll dsb Dengan asumsi tidak pake fesyel,krimbat, manikyur, pedikyur, kukyur2 maka alokasi dana untuk ini sebesar 50.000

Tips:
Mandi kalo perlu saja Kalo dulu 2 kali sehari,jadi 2 hari sekali Untuk ngirit odol kembalilah memakai tumbukan batu bata

7. Kesehatan

Seperti minyak kayu putih,vitamin, obat pusing (ini penting buat pengantin baru wekekekek!), maka alokasi cadangan untuk kesehatan sebesar 50.000

Tips
Jaga kesehatan Jangan begadang...kalo tiada artinya...begadang bole saja...asalkan sambil
ronda (halah!!)

8.Entertaiment

Nha ini kalo ada uang lebih aja, bisalah sekali2 nomat,liat live music, lari pagi di monas, atau makan martabak sekali2

Jadii...
Dari asumsi basic needs diatas maka pengeluaran untuk tiap bulan adalah sebesar :

1.800.000/bulan

(syeeett dah...masih gede juga ya)

Mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan temen2 ketika pengen nikah, untuk kemudian dibandingkan dengan pemasukan yang ada. Kalopun masih 'besar pasak daripada tiang'

Anda bisa memperkecil pasak, atau memperbesar tiang...ataauu. ..ga usak pake pasak, tapi dipaku aja!

Tapi ada 1 hal yang ga bisa dijelaskan dengan perhitungan ketika anda memutuskan untuk menikah

(serius mode on*)

Yaitu, berkah menikah

Selalu, Tuhan akan mencukupi kebutuhan umatnya yang mau berusaha dan berdoa Selalu bersukur dan percaya bahwa Tuhanlah raja dari segala raja akunting!

so, stop accounting, just do it!

Kisah Anggota DPR dengan CS


****
Anggota DPR: "Mbak, laptopnya salah."
Customer Service: "Salah gimana pak?"
Anggota DPR: "Laptopnya nggak mau hidup."
CS: "Sudah tekan tombol power pak?"
Anggota DPR: "Tombol powernya sebelah mana mbak?"

****

Anggota DPR: "Mbak, saya mau konek ke internet nggak bisa, kenapa ya?"
Customer service: "Nggak bisanya kenapa?"
Anggota DPR: "Saya ketik http://www.playboy. com/, gambarnya nggak keluar."
Customer service: "Pesan errornya apa pak?"
Anggota DPR: "Nggak ada pesan error, pokoknya saya ketik playboy.com di addressnya, nggak muncul gambar sama sekali."

Customer service: "Bapak koneksi internetnya pakai apa, dial-up atau hotspot?"
Anggota DPR: "Pakai gambar yang ada tulisan e (maksudnya internet explorer)."
Customer service: "Maksudku, bapak langganan internetnya pakai ISP apa, lalu cara koneksi internetnya pakai dial-up atau hotspot, mungkin settingnya ada yang salah."
Anggota DPR: "ISP itu apa sih mbak?"
Customer service: "Wah ini sih 50 x 2 pak ....."
Anggota DPR: "Apa tuh mbak?"
Customer service: "CAPE' DEH!!"

******

Anggota DPR: "Mbak, saya ingin daftar account di yahoo.com kok nggak bisa ya?"
Customer service: "Nggak bisa kenapa pak?"
Anggota DPR: "Ada tulisan, paswort is not long inaf, syud bi mor den 8 karakters"

Customer service: "Itu maksudnya, password bapak minimal 8 huruf."
Anggota DPR: "Oooo...oke deh.., saya coba dulu."

Anggota DPR: "Mbak, password "minimal delapan huruf" itu delapannya pakai angka8 atau ejaan delapan?"
Customer service: "Maksudnya?"
Anggota DPR: "Saya sudah tulis di kolom password "minimal 8 huruf", tapi bingung mau tulis delapannya, pakai angka delapan atau ejaan huruf 'delapan'."

Customer service: "Ketik ini aja pak .. C Spasi D."
Anggota DPR: "Apa tuh mbak?"
Customer service: "CAPE' DEH !!!"

****

Anggota DPR: "Mbak, kalau muter film di laptop, gimana caranya ya?
CS: "Ada dvd playernya kan pak?"
Anggota DPR: "Sebelah mana tuh mbak?" CS: "Di samping kanan, pak. kalau di tekan tombolnya nanti, piringan discnya keluar."
Anggota DPR: "Ooooo.... yang keluar itu, piringan disc ya? Udah patah tuh kemarin".
CS: "Kok bisa patah?"
Anggota DPR: "Saya kira tempat buat naruh gelas minuman."

******

Anggota DPR: "Mbak, komputer saya rasanya kena virus"
CS: "Virus apa tuh pak?"
Anggota DPR: "Kurang tahu juga, setiap mau cetak ke printer, selalu ada tulisan kennot fain printer."
CS: "Itu mungkin salah setting pak."
Anggota DPR: "Settingnya udah bener kok, kemarin aja bisa nyetak, tapi sekarang nggak bisa. Saya sudah tunjukkin printernya di depan laptop, tetap aja dia terus-terusan "searching printer not found." Kayanya webcamnya rusak, nggak bisa lihat printer."

CS: "Mendadak laper nih Pak, ingin makan tape.."
Anggota DPR: "Lho.. kok begitu?"
CS: "TAPE DEH !!!!"

********

Anggota DPR: "Mbak, kalau mau baca blognya si artist anu di mana ya?"
CS: "Bapak cari aja di google."
Anggota DPR: "Tapi si artist anu nggak kerja di google kok mbak, saya tahu persis."
CS: Cuuaaaapeeek deeehhh..... ......... .... !!!!

8 tanda anda berjodoh dengan pasangan


* Pertanda 1
Rahasia sepasang kekasih agar bisa memiliki umur hubungan yang panjang adalah adanya
saling berbagi. Anda dan dia selalu bisa saling membantu,entah itu pekerjaan sepele atau besar. Paling penting adalah Anda berdua selalu bisa menikmati segala aspek kehidupan secara bersama-sama. Dan semuanya terasa amat menyenangkan meskipun tanpa harus melibatkan orang lain. Nah,apakah Anda sudah merasakan hal tersebut? Jika ya, selamat berarti ada harapan bahwa dia adalah
calon pendamping hidup Anda!

* Pertanda 2
Salah satu kriteria yang menentukan cocok tidaknya dia itu jodoh Anda atau bukan adalah
kemampuannya bersikap santai di depan Anda. Coba sekarang perhatikan, apakah gerak geriknya, caranya berpakaian, gaya rambutnya, caranya berbicara serta tertawanya mengesankan apa adanya? Apakah setiap ucapannya selalu tampak spontan dan tidak
dibuat-buat? Jika tidak, (maaf). Kemungkinan besar dia bukan jodoh Anda.

* Pertanda 3
Adanya kontak bathin membuat hati Anda berdua bias selalu saling tahu. Dan bila Anda atau si dia bisa saling membaca pikiran dan menduga reaksi serta perasaanya satu sama lainnya pada situasi tertentu. Selamat! Mungkin sebenarnya dialah belahan jiwa Anda yang
tersimpan...

* Pertanda 4
Bersamanya bisa membuat perasaan Anda menjadi santai, nyaman tanpa perasaan tertekan. Berjam-jam bersamanya, setiap waktu dan setiap hari tak membuat Anda merasa bosan.. Ini bisa sebagai pertanda bahwa Anda berdua kelak bias saling terikat.

* Pertanda 5
Dia selalu ada untuk Anda dalam situasi apapun. Dan dia selalu bisa memahami cuaca dalam hati Anda baik dalam suka dan duka. Percayalah pasangan yang berjodoh pasti tak takut mengalami pasang surut saat bersama. Sekarang, ingat-ingat kembali. Apakah dia orang pertama yang datang memberi bantuan tatkala Anda dirundung musibah? Dia selalu paham saat PMS Anda datang menyerang? Dia cepat-cepat datang dan mencarikan obat tatkala mendengar kabar Anda sakit? Jika ya, tak salah lagi. Dialah orangnya...

* Pertanda 6
Dia tak terlalu peduli dengan masa lalu keluarga Anda, dia tak peduli dengan masa lalu Anda saat bersama kekasih terdahulu. Dia juga tak malu-malu menceritakan masa lalunya.. Nah, kalau begitu ini bisa berarti dia sudah siap menerima Anda apa adanya..

* Pertanda 7
Setiap orang pasti memiliki kekurangan, dan Anda tak malu-malu memperlihatkannya pada si dia. Bahkan pada saat Anda tampil 'buruk' di depannya sekalipun,misalnya saat Anda bangun tidur atau saat Anda sakit dan tak mandi selama dua hari.

* Pertanda 8
Bila Anda merasa rahasia Anda bisa lebih aman di tangannya daripada di tangan sahabat-sahabatAnda . Atau Anda merasa sudah tak bisa lagi menyimpan rahasia apapun darinya, maka berbahagialah! Karena ini bisa berarti
pasangan sejati telah Anda temukan!

> Apakah kedelapan pertanda di atas telah Anda temukan padanya?

Tips Melamar Pekerjaan


Sudah ribuan lamaran kerja dikirim tapi belum ada balasan? Mungkin salah satu tips dibawah ini adalah masalahnya..

1. JANGAN TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SINGKATAN

Dgn Hrmt.

ttrk dgn ikl lwg krj yg dmt pd srt kbr edisi sls , sy brmskd mengisi lwg yg bpk bthkn,

rdri thn 1999 - 2004 , sy tlh bkj di aptk km farma , di bag cln srv. dri thn 2004-2005 , sy bkj di LC bank sbg kabag keu. dri thn 2005- smp skrg jd tkg pkr di BIp

2. JANGAN TERLALU BANYAK LAMPIRAN

sebagai bahan pertimbangan bapak , bersama ini saya sertakan :
a. foto copy KTP bapak saya
b. pas foto saya waktu disunat
c. surat kelakuan baik seluruh keluarga saya
d. bon hutang selama 1 tahun
e. proposal permintaan sumbangan pembangunan mesjid di Rt saya

3. BAHASANYA SOK GAUL

Dgn hormat banget , boss!!!!

halo boss , capee deeehhh!!!! apa kabar nich.....? baik baik aja dong , iya kan iya dong , bener kan bener dong....? saya mo ngelamar kerja nich..boleh dong...please. ..boleh ya...?

4. BAHASANYA SOK PREMAN.

gue pernah kerja di kantor bokap, tapi lantaran gue sering bolos sama sering ngegodain sekretaris kantor, gue dikeluarin, setan banget deehhh!!!! makanya sekarang gue ngelamar kerja di kantor elo , ga usah khawatir soal jabatan deh.....gue sih yg penting dibayar gede sama elo. ok deh!! gue tunggu panggilan kerja! dari elo di rumah gue , kalo sampe tiga hari belom juga ada panggilan , elo bakal tau sendiri akibatnya... .!!!!!!!

5. BAHASANYA SOK AKRAB.

Dengan hormat ,

hai apa kabar nih...? baik baik aja kan ...? saya juga ketika menulis surat ini dalam keadaan sehat wal afiat, semoga
kamu juga baik baik aja seperti saya disini. ngomong ngomong gimana kabar anak anak , sehat kan ..? istri pasti makin cantik aja.....salam aja ya buat mereka. oya ..hampir lupa, saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan kamu bisa kan?

6. TERLALU RESMI DAN BERTELE TELE.

Dengan segala hormat,

Setelah saya membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar ternama di ibukota yang oplagnya 3 juta exemplar per harinya , saya sangat tertarik sekali dengan iklan yang anda muat di halaman 16 kolom 6 seperti pada lampiran surat lamaran saya ini. oleh karena itu saya bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut dan juga sekalian harapan saya , dengan surat lamaran ini kita bisa mempererat tali silaturahmi antara kita berdua, bukankah dalam agama pun telah diterangkan betapa pentingnya arti sebuah silaturahmi.

Tuesday, May 15, 2007

Operasi Sirine dan Rotator Signal


Jakarta - Pemakai jalan raya kini tidak bisa seenaknya memasang sirene dan rotator lampu signal di kendaraannya. Polda Metro Jaya telah menggelar operasi larangan penggunaan dua perangkat itu.

Hingga Senin (14/5/2007) pukul 12.00 WIB, 4 kendaraan sudah ditilang polisi lalu lintas Polda Metro Jaya. Kendaraan-kendaraan itu dianggap melanggar pasal 72 PP 44/1009 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan.

"Dua di antaranya kendaraan pribadi," kata Kasub Direktorat Penegakan Hukum Polda Metro AKBP Tomex Kurniawan saat dihubungi wartawan.

Setelah ditilang, lanjut Tomex, pemilik kendaraan itu diberi waktu satu minggu untuk melakukan perbaikan. Bila setelah seminggu kondisi kendaraan masih sama, perangkat-perangkat itu akan langsung dibongkar petugas.

Selain di wilayah DKI Jakarta, penertiban juga akan dilakukan di Tangerang, Bekasi dan Depok. Prioritas jalan di Jakarta yang ditertibakan antara lain Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Gatot Subroto.

"Penertiban ini akan terus dilakukan sampai masyarakat tertib," tandas Tomex.

Sumber : Chazizah Gusnita - detikcom

Tuesday, May 8, 2007

Undangan launcing HMPC Lampung

Kepada Seluruh :
HMPC All Chapter dan All Embrio
Megapro Club atau komunitas Megapro lainnya di seluruh Indonesia

Kami dari HMPC embrio Lampung
Akan melaksanakan acara launching tanggal 19 s/d 20 Mei 2007 di kota Bandar Lampung. Acara dimulai pada hari Sabtu 19 mei 2007 pukul 14.00 WIB (on time), Lokasi di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung.

Untuk setiap chapter HMPC dan klub Honda Megapro lainnya agar segera mencantumkan no HP Contact Person atau perwakilannya ke panitia acara
Untuk konfirmasi jadwal keberangkatan dan jumlah personil yang akan berangkat ke Bandar Lampung paling lambat 5 hari sebelum acara agar dapat mempermudah proses akomodasi dan penjemputan.

Apabila ada saran, kritik dan bantuan mohon dikonfirm ke panitia lewat milis dan forum website. Atau japri ke :

CP Panitia :
Rio “Tyson” 0819 77969555 - 0815 40051555
Aviv Hidayat 08197961116
Syahdan “Aan” Syah 081540837773
Herman 0819 77969376
Andre 0856 69609266
Pendi 0813 69123476

untuk Konfirmasi wilayah klub dari pulau Jawa hub :
Kirman (HMPC Jkt) 0812 8260332

Thursday, May 3, 2007

Tips Lady Bikers dan Lady Boncenger

Salam,
kali ini menyoroti untuk lady biker dan lady boncenger....

dalam berkendara roda dua, rider WAJIB menggunakan helm yang standart untuk bermotor roda dua.

nah, khusus untuk lady biker perlu dipertimbangkan aspek safety dan fashionnya.... perhatikan asesoris fashion-nya agar tidak berbahaya atau mengganggu aktivitas berkendaranya..

1. Anting ( asesoris di telinga ) jangan menggunakan anting yang terlalu panjang / besar / atau rantai-rantai atau yang tajam-tajam karena anting tersebut dapat "nyangkut " pada busa helm.... apabila dalam membuka helm terburu-buru maka akan mengancam keamanan telinga anda.. atau saat terjadi kecelakaan daun Telinga akan sangat terancam akibat gesekan helm dan benda logam (anting).. atau sebaiknya saat berkendara roda dua anting di lepas terlebih dahulu... ntar aja kalo udah sampai di tempat tujuan (kantor / tempat pesta atau mall ) baru di pasang lagi ....

2. sepatu hindari sepatu yang bertali-tali dan terbuka pada jari- jari anda... ini sangat berbahaya apabila terjadi kecelakaan ( jatuh ) , hindari pemakaian sepatu dengan " Hak " belakan lebih dari 2 cm karena akan sangat menggangu dalam handling gigi persneling... pakailah sepatu yang melindungi jari2 dan diatas mata kaki......

3. Rok sebisa mungkin jangan memakai rok saat berkendara. karena sangat tidak nyaman, pakailah celana saat berkendara.( khusu lady biker.) unruk Lady boncenger seminimal mungkin memakai rok yang terlalu panjang atau terlalu pendek... karena selain berbahaya ancaman putaran rantai dan roda.. juga akan mengganggu konsentrasi pengendara lain ( yang ini joke )

4. Kuku bagi lady biker hindari kuku tangan yang panjang karena sangat berbahaya apabila terjadi crash head to head, dan sangat tidak nyaman dalam handling gas, rem atau kopling.... di sarankan memakai sarung tangan.....

5. make up hindari make up berlebihan atau jangan ber make up dulu... karena kontak bahan kimia make up dengan busa helm dan keringat akan sangat tidak nyaman dan kurang sehat bagi kulit muka...


sekian,
salam

agus_092

Diambil dari Milis Depok Tiger Club

Jarak Aman berkendara

saat berkendara motor di keramaian jalan, walaupun kita berusaha utk tidak melakukan kesalahan tetap ada saja kemungkinan terjadi insiden orang lain masih mungkin melakukan kesalahan yg membahayakan kita

perlindungan terbaik yg bisa kita dapat terhadap kemungkinan tersebut adalah ruang kosong. jarak/ruang kosong di sekitar motor akan :
- memberikan waktu reaksi
- memberikan ruang utk bermanuver

ukuran motor yg kecil sebenarnya memberikan keuntungan apabila kita mengetahuinya dan menggunakannya sesuai situasi dan kondisi utk motor, setiap jalur jalan bisa dianggap terdiri dari 3 sub jalur kiri, tengah, dan kanan prinsip utama utk memilih sub jalur mana yg digunakan adalah bahwa sub jalur yg kita pilih harusnya :
-meningkatkan kemampuan kita utk melihat dan terlihat
-menjauhi blind spot kendaraan lain
-menghindari hazzard
-mengkomunikasikan keinginan kita ke pengguna jalan lain
-menghindari wind blast dari kendaraan lain
-memberikan ruang utk menghindar saat keadaan darurat

dari tiga sub jalur tersebut, tidak bisa disebut bahwa salah satu jalur adalah yg terbaik setiap sub jalur bisa adalah posisi terbaik tidak ada sub jalur yg diharamkan, termasuk sub jalur tengah pilihlah sub jalur yg memberikan ruang kosong paling maksimal dan memudahkan kita utk terlihat oleh pengguna jalan lain ubahlah posisi sub jalur sesuai situasi dan kondisi

saat mengikuti kendaraan lain jangan pernah mengikuti kendaraan lain terlalu dekat faktor ini termasuk yg paling sering menyebabkan kecelakaan motor seperti kendaraan apapun, motor memerlukan jarak utk bisa berhenti utk keadaan normal, biasakan utk menjaga jarak minimum 2 detik di belakang kendaraan lain

utk mengecek jarak 2 detik tersebut kita bisa melakukannya sbb :
-pilihlah satu titik referensi di depan kita, bisa jadi marka jalan atau benda di pinggir jalan seperti tiang lampu jalan
-saat bemper kendaraan di depan kita melewati titik referensi, cobalah mulai berhitung dalam hati "seratus satu - seratus dua"
-jika kita mencapai titik referensi itu sebelum hitungan selesai,maka kita berada terlalu dekat dng kendaraan di depan kita

jarak 2 detik tersebut memberikan ruang yg cukup minimum utk berhenti atau menghindar jika kendaraan di depan kita tiba2 berhenti jarak tersebut juga memungkinkan kita utk melihat lubang atau hazzard apapun di jalan, yg muncul setelah kendaraan di depan kita lewat

saat keadaan tidak normal, yg membuat jarak pengereman membesar,tentu saja diperlukan ruang kosong yg lebih besar pula misalnya saat hujan

menjaga jarak ini juga perlu saat berhenti, misalnya di lampu lalu lintas yg menyala merah hal ini diperlukan utk memudahkan kita cepat menghindar bila kendaraan dari belakang kita tidak dapat mengerem dan bila kendaraan di depan kita tiba2 mundur

bila mengikuti mobil dari belakang, berkendaralah di posisi dimana si pengemudi mobil dapat melihat kita dari spionnya berkendara di sub jalur tengah memberikan kemungkinan terbesar utk bisa terlihat krn kita akan terlihat di spion dalam dng jelas

berkendara di sisi jauh juga memungkinan si pengemudi dapat melihat kita melalui spion kiri dan kanan tapi ingat, bahwa banyak pengemudi tidak melihat ke spion kiri dan kanan sebanyak melihat spion dalam

saat diikuti kendaraan lain mempercepat laju motor saat ada orang mengikuti kita dari dekat biasanya berakhir lebih buruk biasanya orang tersebut akan terus mengikuti kita di kecepatan yg lebih tinggi itu

cara terbaik utk mengatasi situasi ini adalah membiarkan orang tersebut maju ke depan kita saat ada orang mengikuti kita terlalu dekat pindahlah jalur dan biarkan mereka melalui kita jangan lupa, komunikasikan keinginan kita utk pindah dengan menggunakan lampu sein jika pindah jalur tidak bisa dilakukan krn situasi tertentu cobalah utk menurunkan kecepatan melambatkan kendaraan dan memberikan ruang di depan kita akan menyemangati mereka utk melewati kita

saat melewati dan dilewati jarak pandang adalah kata kuncinya pastikan pengguna jalan lain melihat kita dan pastikan kita melihat semua potensi2 hazzard yg ada

* melewati
-saat ingin melewati, berkendaralah di sub jalur kanan pada jarak yg aman dari kendaraan di depan. ini juga memastikan jarak pandang utk melihat situasi di depan perhatikan kendaraan dari arah berlawanan hidupkan sein kanan utk mengkomunikasikan keinginan kita mendahului dan gunakan spion utk melihat kondisi lalu lintas di belakang kita
- saat keadaan aman, pindahlah ke jalur kanan
- percepat kendaraan sehingga bisa melewati blind spot secepat mungkin
- hidupkan sein kiri, cek lewat spion dan bila perlu palingkan kepala sebelum pindah ke jalur awal

* dilewati
saat dilewati oleh kendaraan lain dari belakang atau dari arah yg berlawanan sebaiknya tetaplah di sub jalur tengah jalur ini akan memberikan ruang paling besar bila terjadi hal2 yg membahayakan

perhatikan dan siapkan diri utk potensi2 bahaya berikut :
-tertabrak oleh kendaraan lain
-tertabrak spion
-terganggu oleh lemparan benda2 dari jendela
-gangguan wind blast terutama oleh kendaraan yg relatif besar

jangan pernah berpindah ke jalur menjauhi kendaraan yg melewati kita krn mengundang pengemudi kendaraan tersebut utk menutup jalur terlalu dini


Dari Mailing List FSRJ (Forum Safety Riding Jakarta)

Cara meningkatkan kinerja komputer


Debu dan kotoran merupakan salah satu faktor yang dapat menghambat kinerja sistem komputer, di samping juga banyak hal lainnya. Simak beberapa tips dari lsureveille.com, agar komputer terhindar dari masalah.

1. Rajin bersihkan kipas pendingin

Komputer yang mengalami crash tak selalu disebabkan oleh kerusakan software, namun juga bisa disebabkan oleh suhu komputer yang terlalu panas. Keadaan itu bisa terjadi jika terdapat lapisan debu dan kotoran dalam komputer yang menghambat kinerja sistem pendingin komputer.

Untuk mencegah suhu terlalu panas, gunakan 'senjata' seperti isopropil alkohol, cotton buds dan sekaleng udara terkompresi. Komputer desktop biasanya memiliki kipas pendingin untuk prosesor, power supply, motherboard dan kartu grafis. Mulailah dengan menyemprot kipas-kipas ini dengan udara terkompresi. Tindakan ini akan menyingkirkan kotoran di antara jari-jari kipas.

Setelah itu, celupkan cotton buds ke dalam alkohol dan mulailah menyikat jari-jari kipas di kedua sisinya. Kipas bersih menjadikan komputer lebih dingin serta mempercepat jalannya sistem. Ulangi langkah ini setiap dua atau tiga bulan.

2. Jagalah agar driver aplikasi dan keamanan Anda tetap update. Hal ini memungkinkan Anda untuk selalu mengetahui dan menutup celah keamanan aplikasi yang bisa muncul setiap saat.

3. Hapus aplikasi software yang tidak dibutuhkan

Komputer baru biasanya dilengkapi dengan aplikasi yang jarang dibutuhkan konsumen. Hal ini memungkinkan terjadinya konflik antar software. Untuk mencegah hal ini hapuslah aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan.

4. Pasang software pendeteksi spyware

Langkah selanjutnya adalah memasang pendeteksi spyware. Untuk diketahui, spyware dapat merusak privasi serta memperlambat kinerja komputer. Pengembang software antivirus baru-baru ini menyertakan fitur anti-spyware namun sayangnya implementasinya kurang lengkap. Walhasil Anda harus menggunakan pendekatan multilayer sebagai perlindungan dan pemusnahan spyware.

5. Pasang antivirus

Ancaman terbesar tentu saja adalah virus. Mau tidak mau, untuk menghindari ancaman ini, Anda harus memasang antivirus. Beberapa vendor menyediakan antivirus berbayar dan ada beberapa yang gratis dan cukup baik, seperti AVG antivirus yang dapat didapat melalui Internet.

6. Defragmentasi disk

Salah satu yang menyebabkan lambatnya kinerja komputer yaitu fragmentasi disk. Fragmentasi disk adalah hal yang alami karena pengguna komputer selalu mengakses dan menyusun ulang file. Karena itu, defragmentasi disk selalu diperlukan untuk mengatur ulang file agar akses hard drive kian cepat dan lebih efisien.

3 embrio chapter baru

Dear All Brothers,

Saat ini kita ketambahan lagi 3 embrio chapter baru yaitu :

1. HMPC Embrio Chapter Medan, PIC : Jimmy (0813 - 9725 1683)
2. HMPC Embrio Chapter Brebes, PIC : Anton ( 0812 - 250 3040)
3. HMPC Embrio Chapter Genteng Banyuwangi, PIC : Gigih (0818 - 0348 5644)
http://www2.blogger.com/img/gl.photo.gif
Add Image
Untuk bro di daerah lain yang berminat untuk mendirikan embrio Chapter HMPC bisa menghubungi saya di 0811 - 208568.

Bravo HMPC
Be Brothers, Keep On Rollin' and be a defensive riders

Harry (BDO-002)
Ketua Umum
Honda MegaPro Club